• Selasa, 6 Desember 2022

Koalisi Golkar, PAN dan PPP Disebut Sesuai Arahan Jokowi

- Rabu, 25 Mei 2022 | 11:31 WIB
Perwakilan tiga partai dalam Koalisi Indonesia Bersatu (ikbal muqorobin)
Perwakilan tiga partai dalam Koalisi Indonesia Bersatu (ikbal muqorobin)
HARIANTERBIT.com - Pengamat politik Hendri Satrio menduga koalisi antara Golkar, PAN dan PPP tidak lepas dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia menyebut koalisi yang diberi nama Kolisi Indonesia Bersatu (KIB) ini merupakan arahan dari Jokowi. 
 
"Kemudian saya memprediksi lagi, apakah ada arahan dari Istana nih koalisi," katanya tentang Volamr, PAN dan PPP dalam diskusi di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (24/5/2022). 
 
Golkar, PAN dan PPP merupakan anggota koalisi pendukung pemerintah. Hensat mempertanyakan kepentingan pembentukan koalisi tanpa adanya partai politik pendukung pemeribtah yang lain.
 
 
"Karena sebetulnya kan mereka tergabung dalam koalisi pemerintahan ya. Kalau memang mau mengawal kepentingan Jokowi-Ma'ruf, minimal PDI-Perjuangan diajak lah, Gerindra diajaklah. Jadi kepentingan mana yang harus  dikawal oleh 3 parpol ini," tandasnya. 
 
Dalam kesempatan yang sama Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno, membantang anggapan tersebut. Dia memastikan KIB tidak terkait dengan Jokowi. 
 
 
"Saya pastikan tidak ada arahan," tegasnya. 
 
Eddy menyatakan setiap partai politik memiliki kewenangan secara politik untuk membangun kekuatan guna menyongsong Pemilu 2024. 
 
 
"Bahwa seluruh ketua umum partai politik itu dengan otoritas yang mereka miliki datang duduk dan bersepakat untuk membangun dan menjalin kerjasama di antara partai-partai politik ini untuk menjadi sebuah koalisi," ucap Eddy. ***

Editor: Yuli Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah dan DPR Sahkan RUU KUHP jadi Undang-undang

Selasa, 6 Desember 2022 | 13:55 WIB

Penjualan Pulau Perbuatan Nista, Mengancam NKRI

Selasa, 6 Desember 2022 | 13:30 WIB

Relawan Perubahan Sumbar Dukung Anies Sebagai Capres

Senin, 5 Desember 2022 | 23:10 WIB
X