• Minggu, 25 September 2022

Koalisi Indonesia Bersatu Diharap Tak Tambah Anggota

- Selasa, 24 Mei 2022 | 21:51 WIB
Perwakilan tiga partai dalam Koalisi Indonesia Bersatu (ikbal muqorobin)
Perwakilan tiga partai dalam Koalisi Indonesia Bersatu (ikbal muqorobin)

HARIANTERBIT.com - Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menyatakan terbuka bagi partai politik lain yang ingin bergabung. Sekretaris Jenderal (Sekjen) PPP, Arwani Thomafi mengatakan koalisi yang dibangun Golkar, PAN dan PPP ini tidak membatasi diri dengan partai politik lain. 

"KIB terbuka terhadap keinginan partai politik yang lain yang mau bergabung. Kami terbuka. Karena posisi kami tidak membatasi secara eksklusif," ujarnya dalam sebuah diskusi di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (24/5/2022). 
 
Namun Arwani memberi syarat partai politik tidak datang dengan serta membawa nama calon presiden. Menurutnya calon presiden yang akan diusung KIB harus ditentukan dengan kesepakatan bersama. 
 
 
"Tapi masuk dulu, kita jagong (duduk) atau ngopi-ngopi soal pilpres. Soal capresnya siapa, cawapresnya siapa, bagaimana kalau surveinya rendah, bagaimana kalau capresnya di luar partai dan sebagainya," jelas dia.
 
Pada kesempatan yang sama, pengamat politik Hendri Satrio justru tidak ingin ada penambahan anggota pada KIB. Menurutnya semakin banyak koalisi maka calon presiden yang akan diusung lebih banyak.
 
 
"Supaya yang ditakutkan, atau sering terjadi di daerah, sepasang calon lawan kotak kosong, ini tidak terjadi di level nasional. Memang di level nasional tidak ada kotak kosong. Tapi kan kita gak pengen juga pemilu, triliunan terus ada calon boneka," bebernya. 
 
Lebih lanjut pendiri lembaga survei KedaiKopi ini mengapresiasi pembentukan koalisi yang dibuat lebih dini sebagai contoh politik positif.
 
 
Dia berharap KIB segera mengumumkan pasangan yang akan diusung.
 
"Sehingga masyarakat benar-benar bisa meneliti dengan benar calon presidennya seperti apa," tegas Hendri.***
 
 
 

Editor: Yuli Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Organisasi Bayangan Nadiem Diduga Bebani Anggaran Negara

Minggu, 25 September 2022 | 16:34 WIB
X