• Kamis, 6 Oktober 2022

Duet dengan AHY, Rizal Ramli dan Puan, Anies Diprediksi Bakal Diusung PKS, Nasdem dan Demokrat

- Senin, 23 Mei 2022 | 11:27 WIB
Rizal Ramli dan Anies Baswedan (ist)
Rizal Ramli dan Anies Baswedan (ist)

Jakarta, HanTer – Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie memprediksi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal diusung oleh poros koalisi Partai Nasdem, PKS, dan Demokrat di Pilpres 2024. Apalagi jika Anies dipasangkan dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Saat ini Partai Golkar, PAN, dan PPP juga telah mengumumkan berkoalisi (Koalisi Indonesia Bersatu). “Bisa saja PKS, dan Demokrat bergabung dalam koalisinya Partai Nasdem untuk mengusung Anies sebagai calon presidennya,” ucap Jerry di Jakarta, Minggu (22/5/2022.

Jerry memprediksi dalam waktu yang tidak lama lagi akan lahir poros lain yang akan digalang PDI-P dan Partai Gerindra. Sehingga, Pilpres 2024 kemungkinan akan melahirkan tiga poros, yaitu Koalisi Indonesia Bersatu, koalisi Nasdem, PKS, Demokrat, dan koalisi PDI-P, Gerindra.

Baca Juga: Samsat Batam jadi Salah Satu Samsat Terbaik di Indonesia, Daaerah Lain Diminta Mencontoh

Terkait Koalisi Indonesia Bersatu, Jerry melihat bergabungnya Golkar, PAN, dan PPP ini masih sebatas koalisi semu. Terlebih, ketiga partai tersebut belum mengumumkan pasangan calon yang akan diusung di Pilpres 2024.

“Koalisi Indonesia Bersatu ini masih koalisi semu. Kalo diplintir, koalisi ‘semut’. Jadi ini kan sebatas obrol ketua-ketua partai untuk bersama. Kalau semut kan jalan ke mana-mana selalu bareng,” tutur Jerry.

Rizal Ramli

Sementara itu, peneliti senior dari Institute for Strategic and Development (ISDS), Aminudin mengatakan, jika Anies bekerja bagus dan sukses di Jakarta, juga bisa memperbaiki kekurangan-kekurangan Prabowo yang kurang berhasil rangkul Nahdhyin maka masih ada peluang Anies terpilih di Pilpres 2024. Anies bisa digandengkan dengan Puan Maharani.

"Tapi jika kinerja Anies gagal di DKI itu berpotensi lebih buruk dibandingkan Prabowo. Apalagi jika Anies gagal merangkul massa Nahdhyin yang terkonsentrasi di Jatim, sebagian Kalsel dan Lampung," jelasnya.

Gus Amin, panggilan akrab Aminudin memaparkan, hal yang harus dilakukan Anies yang terpenting adalah bekerja dengan baik melayani rakyat DKI Jakarta. Selain itu Anies juga harus merangkul pendukungnya kembali waktu di Pilgub di DKI 2017. Karena jika mereka merasa ditinggalkan akan bongkar kegagalan Anies Baswedan dan hal buruk lainnya di Jakarta ke masyarakat Jakarta.

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

Anggota TNI Penendang Aremania Diproses Hukum

Kamis, 6 Oktober 2022 | 12:30 WIB
X