• Selasa, 6 Desember 2022

Ganjar Pranowo Tegaskan Akan Fasilitasi Petani Mulai Dari Bibit Sampai Riset

- Senin, 16 Mei 2022 | 14:24 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menemui Kelompok Tani (KT) Bangkit Merbabu di Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menemui Kelompok Tani (KT) Bangkit Merbabu di Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Jateng, HanTer - Gubernur Jawa Tengah Ganjar-Pranowo">Ganjar Pranowo menemui Kelompok Tani (KT) Bangkit Merbabu di Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Ganjar menegaskan siap memfasilitasi kebutuhan petani, mulai dari bibit, lahan, hingga riset untuk mengembangkan potensi kelompok tani (KT) di desa-desa.

Ganjar mengatakan, KT Bangkit Merbabu sudah memiliki hasil pertanian yang cukup baik, dengan pemasukan minimal Rp3 juta perbulan.

Baca Juga: Investasi GOTO Bikin Telkomsel Amsyong Triliunan, Keuangan Telkom Langsung Merah, Siapa Jadi Kambing Hitam?

"Jadi bagaimana kelompok tani dan Gapoktan bisa berkembang dengan modernitasnya. Itu segaris lurus tanah di sana bisa bisa dapat sebulan minimal Rp3 juta," kata Ganjar dalam keterangannya.

Ganjar mendorong Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Jawa Tengah untuk berkoordinasi dengan BRIN dan kampus-kampus untuk memberi pendampingan kepada para petani.

Pasalnya, Ganjar menilai, jangan hanya petaninya saja yang dituntut untuk menanam, tapi banyak pihak mesti ikut terlibat untuk memajukan kesejahteraan para petani. Sehingga perekonomian daerah meningkat dan kemiskinan bisa berkurang.

Baca Juga: Ridwan Kamil Temui Airlangga, Tegaskan Bakal Balas Budi Terhadap Golkar

"Diproduksi hulunya, tapi dihilirnya juga. Jadi manajemen, pengelolaan dan marketingnya dibentuk divisi-divisi. Kalau sudah bagus ditiru untuk mengembangkan kapasitas yang lain. Sehingga pendapatan desa naik, produknya unggul, masyarakat menikmati sayur kualitas tinggi," ujar Ganjar.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penjualan Pulau Perbuatan Nista, Mengancam NKRI

Selasa, 6 Desember 2022 | 13:30 WIB

Relawan Perubahan Sumbar Dukung Anies Sebagai Capres

Senin, 5 Desember 2022 | 23:10 WIB
X