• Minggu, 3 Juli 2022

Partai Buruh: 50-an Ribu Buruh Akan Ikuti May Day Fiesta di GBK

- Jumat, 13 Mei 2022 | 14:45 WIB
Massa buruh yang tergabung dalam KSPI saat berunjuk rasa beberapa waktu lalu.  (ikbal muqorobin)
Massa buruh yang tergabung dalam KSPI saat berunjuk rasa beberapa waktu lalu. (ikbal muqorobin)

Jakarta, HanTer - Presiden Partai Buruh Said Iqbal menjelaskan, ada dua kegiatan yang akan dilakukan Partai Buruh bersama Gerakan Buruh Indonesia pada tanggal 14 Mei 2022. 

Dua kegiatan itu adalah, pertama, Pada jam 10 00 – 12.00 WIB dilakukan aksi unjuk rasa di DPR RI. Sedangkan yang kedua, pada jam 13.00 – 17.30 WIB berupa May Day Fiesta di GBK. 

"Kegiatan ini adalah rangkaian peringatan May Day. Di mana pada tanggal 1 Mei kami juga menyelenggarakan aksi di KPU yang dilanjutkan dengan May Day Fiesta di Gedung Film Usmar Ismail," kata Said Iqbal dalam keterangannya, Jumat (13/5/2022).

Baca Juga: Bareskrim Siap Dalami TPPU di Kasus Tambang Emas Ilegal Briptu Hasbudi

Disampaikan, dalam kegiatan 14 Mei, karena harus memenuhi protokol Kesehatan, jumlah massa yang seyogyanya 100 ribu dikurangi menjadi 50-an ribu orang. Mereka berasal dari DKI, Jabar, dan Banten. 

"Salain kegiatan di Jakarta, secara bersamaan, juga akan dilakukan aksi serempak di berbagai daerah: 20 ribu buruh di Surabaya, 5 ribu buruh di Semarang, 15 ribu buruh di Batam, 5 ribu buruh di Medan, dan puluhan ribu buruh lainnya yang tersebar di kota-kota industri seperti Yogyakarta, Aceh, Padang, Bengkulu, Riau, Lampung, Sulawesi, Makasar, Gorontalo, Morowali, Kendari, Bitung, Banjarmasin, Pontianak, Samarinda, Maluku, Mataram, Ternate, dan beberapa kota industri lainnya," ujar pria yang juga menjadi Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) ini.

Dalam acara May Day Fiesta yang diselenggarakan di GBK, akan diisi oleh orasi dari serikat buruh internasional dan Partai Buruh dari negara lain. Dari serikat buruh Internasional adalah Sekjend ITUC Sharan Burraw, Sekjend ITUC AP Shoya Yoshida, Presiden DGB, Konfederasi Serikat Buruh Brasil, Konfederasi Serikat Buruh Australia, Konfederasi Serikat Buruh Finlandia. 

"Sedangkan dari Partai Buruh dari negara lain adalah Partai Buruh Brasil, Australia, dan Finlandia," tegasnya.

Dalam momentum kali ini, Partai Buruh dan Gerakan Buruh Indonesia akan menyuarakan 18 tuntutan, sebagai berikut:

1.Tolak Omnibus law UU Cipta Kerja; 

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

Presiden Jokowi Pergi Rusia Ngamuk Lagi

Sabtu, 2 Juli 2022 | 23:06 WIB

PT Titan Akan Laporkan Bank Mandiri Ke Presiden

Sabtu, 2 Juli 2022 | 19:47 WIB
X