• Sabtu, 1 Oktober 2022

Narasi Putusan Berbeda dengan Redaksi Salinan, Kuhon Laporkan Hakim dan Panitera PKPU ke Komisi Yudisial

- Kamis, 12 Mei 2022 | 19:42 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Jakarta, HanTer - Advokat Dr. Ir. Albert Kuhon MS SH dan Guntur Manumpak Pangaribuan SH mengadukan dugaan pelanggaran Kode Etik dan Pedoman Perilaku yang dilakukan majelis hakim, hakim pengawas dan panitera yang memeriksa dan mengadili perkara Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) pada Pengadilan Niaga di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Keduanya mengadukan H. Dariyanto SH MH, Bambang Sucipto SH MH, dan Heru Hanindyo, SH MH LLM selaku majelis yang mengadili perkara Nomor: 485/Pdt.Sus-PKPU/2021/PN.Niaga.Jkt.Pst ke Komisi Yudisial.

Majelis tersebut diadukan karena redaksi isi putusan yang dikirimkan kepada para pihak, sangat berbeda dengan narasi putusan yang dibacakan dalam sidang. “Kami punya rekaman sewaktu putusan itu dibacakan,” ujar Albert Kuhon dalam keterangan tertulisnya Kamis (12/5).

Investasi Bodong

Kuhon menjelaskan, gugatan perkara PKPU itu diajukan oleh Yuliana dan Anna Fransiska. Keduanya berinvestasi di PT Asa Inti Utama senilai Rp 2 miliar, dengan iming-iming bunga investasi yang cukup tinggi. Kenyataannya, bunga tidak dibayar dan investasinya amblas. Setelah berkali-kali menagih dan gagal, akhirnya Yuliana dan Anna Fransiska mengajukan gugatan PKPU.

Baca Juga: Menko Airlangga Beberkan Tantangan Besar Majukan Perekonomian RI di Tempo-BNI The Bilateral Forum 2022

Dalam sidang 11 April 2022, faktanya Tim Pengurus merekomendasikan kepailitan PT Asa Inti Utama (debitor). Sedang Hakim Pengawas Mochammad Djoenaidie SH MH dalam rekomendasi tertulisnya, justru menggunakan kewenangannya mengusulkan perpanjangan masa PKPU debitor selama 45 hari.

Hal itu diungkapkan dalam sidang terbuka tertanggal 11 April 2022 di Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Dan majelis hakim dalam sidang tersebut, sejak awal sudah berkecenderungan memperpanjang masa PKPU sesuai yang diinginkan debitor.

Rekomendasi Pailit

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PPMK Desak Polisi Tangkap Alvin Lim

Jumat, 30 September 2022 | 16:13 WIB

Jumat Berkah Ala Sahabat Ganjar di Wonogiri dan Soppeng

Jumat, 30 September 2022 | 16:12 WIB

Sejarah Kelam G30S PKI dan Tujuannya

Jumat, 30 September 2022 | 10:09 WIB
X