• Jumat, 19 Agustus 2022

Anies-Erick Thohir Pasangan Serasi

- Kamis, 12 Mei 2022 | 10:47 WIB
Gubernur DKI Anies Baswedan
Gubernur DKI Anies Baswedan

Jakarta, HanTer - Jelang pemilihan presiden (Pilpres) 2024, berbagai nama kerap digaungkan bertarung dalam kontestasi tersebut. Bahkan, kerap bermunculan beberapa cocoklogi pasangan yang disandingkan berlaga di perhelatan yang digelar setiap lima tahunan itu.

Pengamat Politik Ujang Komarudin menilai, meski banyak parpol yang tertarik, namun Anies harus bekerja keras mencari calon wakil presiden yang mampu mengimbanginya dalam menjaga elektabilitas. Hal itu dikarenakan, calon pendamping Anies untuk 2024 mendatang masih belum kelihatan.

"Pasangan yang cocok untuk Anies, masih belum kelihatan. Namun Anies mesti cari pendampingnya yang punya elektabilitas tinggi dan punya uang banyak. Siapapun dia," kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Riview ini.

Baca Juga: Nyapres, 4 Menteri Jokowi Didesak Mengundurkan Diri

Ujang menilai bahwa Menteri BUMN Erick Thohir cocok menjadi pasangan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Hal itu lantaran memiliki modal besar untuk bersaing di Pilpres 2024.

"Anies cocok dengan Erick Thohir. ET punya uang tuk biaya pencapresan. Namun soal menang atau tidak. Semuanya masih belum kelihatan," katanya.

Elektabilitas Meningkat

Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Prof Lili Romli menilai, peningkatan tren elektabilitas Erick Thohir merupakan modal politik yang bagus.

"Ini merupakan modal politik yang sangat bagus karena Erick Thohir ini kan orang baru ya, tapi elektabilitasnya menunjukkan peningkatan terus," ujar Lili Romli di Jakarta, Rabu (11/5/2022).

Menurut Lili, elektabilitas Erick Thohir lebih tinggi dibandingkan dengan tokoh-tokoh partai politik lainnya, merupakan langkah awal yang baik.

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

Polisi Tangkap Enam Pelaku Begal Sadis

Jumat, 19 Agustus 2022 | 11:23 WIB

Pengamat: Rakyat Hormati Pemimpin Jujur

Jumat, 19 Agustus 2022 | 11:21 WIB

Polisi Ungkap Kasus Penipuan via Aplikasi MT4 UGAM

Kamis, 18 Agustus 2022 | 20:52 WIB

Bharada E Minta Keluarganya Juga Dilindungi

Kamis, 18 Agustus 2022 | 16:15 WIB

LPSK: Rutan Bareskrim Tidak Ideal Buat Bharada E

Kamis, 18 Agustus 2022 | 16:03 WIB
X