• Minggu, 25 September 2022

Diprediksi Bertarung di Pilpres 2024, Prabowo-Puan VS Ganjar-Anies Siapa Menang?

- Rabu, 11 Mei 2022 | 11:45 WIB
Anies Baswedan Dan Prabowo Subianto
Anies Baswedan Dan Prabowo Subianto

Jakarta, HanTer - Menjelang pemilihan presiden 2024, bursa calon presiden dan wakil presiden kian menarik dan sejumlah hasil survei mulai menunjukkan siapa-siapa yang berpeluang besar menang di 2024.

Pasangan Prabowo-Puan Maharani, misalnya, duet tersebut unggul dalam beberapa survei yang dilakukan, misalnya oleh Saiful Mujani & Consulting dan Center for Political Communication Studies.

Sementara pasangan Ganjar Pranowo-Anies Baswedan unggul dalam survei yang diadakan Charta Politika dan Indikator Politika. "Sementara untuk pasangan Ganjar-Anies, apakah Anies ganjar peluangnya bisa disatukan, bisa-bisa saja, tetapi beban berat itu bukan di Anies tetapi Ganjar Pranowo," kata Pakar komunikasi politik, Hendri Satrio, Selasa.

Baca Juga: Waspada dan Jaga Diri serta Keluarga dari LGBT

Sebagai politisi PDI Perjuangan, elektabilitas Ganjar menurut dia paling tinggi dan ditaksir beberapa parpol untuk menjadi capres. Namun sebagai kader, Ganjar harus ikut arahan partai.

Di dalam PDI Perjuangan sendiri, Satrio mengatakan, disebut-sebut ada dua nama kuat untuk maju sebagai calon presiden, yaitu Puan Maharani dan Ganjar Pranowo.

Ia mengatakan siapapun calon presiden dan wakil presiden yang akan diusung partai politik, masyarakat ingin --menurut dia-- sosok presiden yang The next Jokowi.

Satrio dan lembaga survei KedaiKOPI meluncurkan sinyalemen ada pergeseran kriteria calon presiden. Sebelumnya, masyarakat ingin presiden yang merakyat lalu cerdas, sekarang jadi cerdas dan merakyat.

"Perubahan ini menarik, artinya masyarakat sudah berpindah ke calon presiden yang the next Jokowi. Jadi kalau Jokowi merakyat, sekarang coba dicari yang cerdas dan merakyat,” kata dia.

Direktur Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno mengatakan, pasangan Prabowo-Puan bisa meraih kemenangan pada kontestasi Pilpres 2024. Namun, kemenangan tersebut bisa tercapai jika lawan yang dihadapi tidak memiliki modal elektabilitas tinggi.

Dia menilai potensi kemenangan Prabowo-Puan melalui sejumlah simulasi. Pasangan tersebut menurutnya, bakal kalah jika menghadapi Ganjar Pranowo dan Sandiaga Salahuddin Uno.

Namun, Prabowo-Puan tak akan bertemu Ganjar-Sandi. Sebab, kedua pasangan calon (paslon) itu berasal dari partai yang sama, yaitu Gerindra dan PDI Perjuangan.

"Dalam realitasnya, kok rasa-rasanya, Prabowo-Puan agak sulit head to head dengan Ganjar sama Sandi. Karena kan partainya sama," kata Adi di Jakarta, Selasa (10/5/2022).

Dia melihat, Anies memiliki kesempatan jika berpasangan dengan Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Namun, Anies-AHY masih belum bisa mengalahkan Prabowo-Puan dalam simulasi tersebut.

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

BPH Migas Minta Warga Mampu Ubah Perilaku Konsumsi BBM

Jumat, 23 September 2022 | 18:53 WIB

Ulama 212 minta Connie Bakrie Berhenti Menyudutkan TNI

Jumat, 23 September 2022 | 16:16 WIB
X