• Jumat, 19 Agustus 2022

Kemenkes Keluarkan SE Siaga Kasus Hepatitis

- Kamis, 5 Mei 2022 | 13:44 WIB
Ilustrasi (unsplash)
Ilustrasi (unsplash)

Jakarta, HanTer - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) keluarkan Surat Edaran (SE) Nomor HK.02.02/C/2515/2022 mengenai Kesiagaan pada Penemuan Kasus Hepatitis Kronis yang Tidak Diketahui Etiologinya (Acute Hepatitis Of Unknown Aetiology).

Dikutip dariSetkab.go.id, SE itu ditandatangani oleh Direktur Jenderal Penangkalan dan Pengaturan Penyakit Maxi Rein Rondonuwu di tanggal 27 April 2022. "Surat Selebaran ini ditujukan untuk tingkatkan support pemda, sarana pelayanan kesehatan, Kantor Kesehatan Dermaga, sumber daya manusia kesehatan, dan beberapa penopang kebutuhan berkaitan kesiagaan awal penemuan kasus Hepatitis Kronis yang Tidak Dijumpai Etiologinya," isi pada surat selebaran yang dilihat Harian Terbit, Kamis (5/5/2022).

Dalam surat selebaran itu Kemenkes minta dinas kesehatan propinsi dan kabupaten/kota, Kantor Kesehatan Dermaga (KKP), laboratorium kesehatan warga, dan rumah sakit diantaranya untuk mengawasi dan memberikan laporan kasus sindrom penyakit kuning kronis di Mekanisme Kesiagaan Awal dan Tanggapan (SKDR).

Baca Juga: Hasto PDIP: Capres Jangan Modal Ganteng Bukan Sindiran, Tapi Aspirasi Rakyat

Tanda-tandanya diikuti dengan kulit dan sklera warna ikterik atau kuning dan urin warna gelap yang muncul secara tiba-tiba dan memberi Komunikasi, Info, dan Pembelajaran ke warga dan usaha penangkalannya lewat implementasi Sikap Hidup Bersih dan Sehat.

Kemenkes minta faksi berkaitan untuk memberitahukan ke warga untuk selekasnya berkunjung sarana service kesehatan paling dekat jika alami sindrom penyakit kuning, dan membuat dan perkuat jaringan kerja surveylans dengan lintasi program dan lintasi bidang.

Dinas Kesehatan, KKP, dan Rumah Sakit diperintah selekasnya memberi pemberitahuan/laporan jika terjadi kenaikan kasus sindrom jaundice kronis atau mendapati kasus sama sesuai pengertian operasional ke Dirjen P2P lewat Public Health Emergensi Operation Centre lewat Telephone/WhatsApp 0877-7759-1097 atau surat elektroknik poskoklb@yahoo.com.

Baca Juga: Komisi VIII DPR: Pecat Rektor ITK, Akademisi Tapi Provokator dengan Isu SARA

Juru Berbicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi sampaikan jika Kemenkes sudah tingkatkan kesiagaan dalam dua minggu paling akhir sesudah Tubuh Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan Peristiwa Luar Biasa (KLB) pada kasus hepatitis kronis yang serang anak-anak di Eropa, Amerika, dan Asia, dan belumlah diketahui pemicunya semenjak 15 April 2022.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPK Amankan Dokumen Perusahaan Mardani Maming

Jumat, 19 Agustus 2022 | 15:11 WIB

Polisi Tangkap Enam Pelaku Begal Sadis

Jumat, 19 Agustus 2022 | 11:23 WIB

Pengamat: Rakyat Hormati Pemimpin Jujur

Jumat, 19 Agustus 2022 | 11:21 WIB

Polisi Ungkap Kasus Penipuan via Aplikasi MT4 UGAM

Kamis, 18 Agustus 2022 | 20:52 WIB
X