• Rabu, 28 September 2022

Kasus 'Mafia Minyak Goreng', MAKI Harap Mendag Hadiri Panggilan Kejaksaan

- Rabu, 4 Mei 2022 | 11:25 WIB
Koordinator MAKI Boyamin Saiman
Koordinator MAKI Boyamin Saiman

Jakarta, HanTer - Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) mendukung langkah Kejaksaan Agung (Kejagung) untuk memanggil Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi, sebagai saksi kasus suap pemberian izin ekspor minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO).

Koordinator MAKI, Boyamin Saimin, memandang pemanggilan Lutfi oleh Kejagung merupakan langkah penting untuk makin membuat kasus tersebut terang benderang dan semakin jelas duduk perkaranya.

"Kepentingan pemanggilan ini adalah dalam rangka mencari tahu atau membuat terang peristiwanya berkaitan dengan kegiatan izin ekspor, di mana izin ekspor tiga perusahaan itu diduga tidak memenuhi syarat atau diduga terdapat manipulasi atau fiktif, sehingga sebenarnya tidak layak melakukan ekspor, tetapi tetap diberikan izin ekspor," tutur Boyamin dalam keterangannya kepada media, Selasa (3/5/2022).

Baca Juga: Komisi VIII DPR: Pecat Rektor ITK, Akademisi Tapi Provokator dengan Isu SARA

Boyamin mengatakan, Mendag Lutfi memiliki tanggung jawab tersendiri dalam kasus pemberian izin ekspor CPO tersebut.

Bagaimana pun, kata dia, Lutfi merupakan pimpinan tertinggi di Kementerian Perdagangan (Kemendag), sehingga sudah sepantasnya dia mengetahui semua hal terkait izin ekspor CPO yang diberikan pihaknya.

"Dia bertanggung jawab, secara manajemen selaku pimpinan tertinggi di Kementerian Perdagangan. Bagaimana dia melakukan pengawasan, bagaimana dia melakukan sistem pengawasan juga berkaitan dengan kegiatan-kegiatan izin ekspor. Nah, di situlah kepentingan Kejaksaan Agung meminta keterangan Lutfi, bagaimana dia tahu atau tidak tahu berkaitan dengan dugaan pemberian izin yang tidak memenuhi syarat tersebut," ucap Boyamin seperti dilansir IDN times.

Baca Juga: Silaturahmi 'Politik Lebaran' ke Rumah Mega Sinyal Kuat Prabowo-Puan

Berkaitan dengan hal tersebut, Boyamin berharap, Mendag Lutfi bisa menghadiri pemanggilan Kejagung. Kehadiran Lutfi bukan untuk menunjukkan salah atau tidaknya dia, melainkan memberikan keterangan yang bisa berdampak terhadap empat tersangka dalam kasus pemberian izin ekspor CPO tersebut.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Banyak Dikiritik, Program Kompor Listrik Dibatalkan

Rabu, 28 September 2022 | 09:25 WIB

DPR Desak KPK Jemput Paksa Lukas Enembe

Rabu, 28 September 2022 | 08:55 WIB
X