• Kamis, 1 Desember 2022

Jaringan Nusantara: Pakde Karwo, Ada Apa Denganmu dengan Partai Demokrat?

- Rabu, 27 April 2022 | 11:47 WIB
Anggota Wantimpres Soekarwo
Anggota Wantimpres Soekarwo

Jakarta, HanTer - Aktivis Jaringan Nusantara Heri Sebayang mempertanyakan sikap dan pendirian Soekarwo atau yang akrab dipanggil Pakde Karwo.

Sebab, mantan Gubernur Jawa Timur dua periode yang diusung Partai Demokrat itu dinilai justru menghilang saat partainya sedang menghadapi huru-hara 'dibegal' KSP Moeldoko.

Tak hanya itu, Heri juga mempertanyakan turunnya perolehan kursi Partai Demokrat pada masa kepemimpinan Pakde Karwo sebagai Ketua DPD Demokrat Jatim.

Baca Juga: 72 Tahun Fatayat NU, Puan: Terus Kerja Nyata, Perempuan Itu Tiang Negara

“Nah, jadi di mana posisi Soekarwo (Pakde Karwo) sebagai Wantimpres ketika KSP Moeldoko berupaya membegal Partai Demokrat yang legal pimpinan AHY?” tanya Heri, yang juga aktivis mahasiswa pada masa Orde Baru, di Jakarta, Rabu (27/4).

"Diamnya Pakde Karwo dianggap sebagai pembiaran," gugat Heri.

“Padahal sebagai Wantimpres, harusnya Pakde Karwo berani menyampaikan pada Presiden Jokowi bahwa yang dilakukan oleh KSP Moeldoko melanggar etika politik dan juga melanggar hukum," lanjut Heri.

Baca Juga: Roy Suryo Sebut Luhut Panjaitan Big Dusta Terkait Penundaan Pemilu 2024

Heri mengingatkan, pada masa kepemimpinan Soekarwo sejak 2011, Demokrat Jawa Timur mengalami kemunduran drastis. Perolehan 21 kursi Partai Demokrat di DPR RI dari Jatim tahun 2009, turun drastis menjadi 11 kursi pada tahun 2014, dan turun lagi menjadi tujuh kursi pada tahun 2019.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jokowi Diminta Lakukan Reshuflle Kabinet

Rabu, 30 November 2022 | 23:49 WIB

DPR Akan Tetap Sahkan RKUHP Meski Mendapat Penolakan

Rabu, 30 November 2022 | 23:43 WIB
X