• Jumat, 7 Oktober 2022

Kontestasi Pilgub Jawa Barat, Ridwan Kamil Dijepit Dedi Mulyadi dan Susi Pudjiastuti

- Rabu, 13 April 2022 | 20:33 WIB
Kolase foto Ridwan Kamil, Dedi Mulyadi, Susi Pudjiastuti
Kolase foto Ridwan Kamil, Dedi Mulyadi, Susi Pudjiastuti

Jakarta, HanTer -- Dedi Mulyadi dan Susi Pudjiastuti menjadi penantang potensial bagi Ridwal Kamil dalam konstestasi pemilihan gubernur Jawa Barat mendatang.

Di belakang kedua nama tersebut, ada Bima Arya, Dede Yusuf, Dessy Ratnasari, UU Ruzhanul Ulum, dan Airin Rachmi Diany.

“Untuk kedua nama tersebut (Dedi dan Susi) patut diperhatikan betul oleh RK (Ridwan Kamil) dan tim suksesnya," buka Peneliti MC Matrix Wildan Hakim, di Jakarta, Rabu (13/4).

Baca Juga: Hasto PDIP, Demo Mahasiswa 11 April Jangan Salah Alamat ke Jokowi

Dijelaskan Wildan, ada dua (2) mengapa RK mengapa harus memperhatikan fluktuasi elektabilitas kedua nama tersebut. Pertama, posisi Dedi Mulyadi, adalah kader Partai Golkar. Setidaknya, ia sudah mengantungi separuh tiket dukungan dari partai dia sendiri. Kedua, angka elektabilitas terbilang lumayan untuk disebut sebagai calon penantang RK. Sedangkan untuk Susi, angka elektabilitas yang dia peroleh itu dapat terbilang tinggi.

“Jadi diibaratkan, Susi dapat angka tersebut saat dia tidur. Alias tidak running untuk untuk kontestasi elektoral Jawa Barat. Bayangkan, jika Susi serius dan bangun untuk menggarap jalur elektoral. Angkanya bisa saja makin tinggi. Susi bisa disebut Kuda Hitam. Beda dengan Dedi Mulyadi. Yang sudah dapat dibaca oleh publik ada kepentingan elektoral. Entah menjaga peluang untuk urusan Pilgub Jawa Barat atau menjaga suara di dapil dia berasal,” ungkap Wildan.

Dalam survei Pilgub Jawa Barat yang dilakukan MC Matrix, angka elektabilitas—tingkat keterpilihan, RK mencapai 42.05 persen. Dedi Mulyadi—politisi Golkar dan mantan Bupati Purwakarta dua periode, 12.73 persen. Susi Pudjiastuti—mantan Menteri KKP era kabinet JKW-JK, 4.55 persen. Bima Arya Sugiarto—Walikota Bogor 2.05 persen. Dede Yusuf—mantan Wakil Gubernur dan Anggota DPR RI Dapil Jawa Barat II, 1.14 persen. Dessy Ratnasari— Anggota DPR RI Dapil Jawa Barat IV, 0.91 persen.(lihat tabel)

survei Pilgub Jawa Barat yang dilakukan MC Matrix

Tingginya angka elektabilitas RK ini sejalan dengan dengan tingkat kepuasan publik Jawa Barat. Secara umum,70.68 persen publik menilai perkembangan Jawa Barat selama hampir lima (5) tahun di bawah kepimpinan RK dan UU, semakin baik dan baik. Sedangkan terhadap kinerja pemerintah Jawa Barat saat inI tingkat kepuasan mencapai 65.45 persen.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kasad Jenguk Korban Peristiwa Kanjuruhan Malang

Kamis, 6 Oktober 2022 | 16:45 WIB
X