• Selasa, 6 Desember 2022

Wasekjen Partai Demokrat: Jalan Hidup AHY Akan Berubah Tidak Seperti Sekarang Jika Dia Memilih Profesi Ini

- Sabtu, 9 April 2022 | 13:09 WIB
Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Agust Jovan Latuconsina
Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Agust Jovan Latuconsina

Jakarta, HanTer - Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Agust Jovan Latuconsina bercerita mengenang kembali saat-saat dia dan AHY bersekolah di Magelang sebagai siswa SMA Taruna Nusantara dan sama-sama mengeyam pendidikan di Akademi Militer.

Jovan menuturkan pada saat kelas tiga SMA ada rekrutmen dari perusahaan penerbangan Garuda Indonesia yang akan melakukan rekrutmen terhadap siswa-siswi terbaik yang akan didik menjadi pilot pesawat komersil di Selandia Baru untuk selanjutnya bertugas sebagai pilot Garuda Indonesia.

Karena AHY calon lulusan terbaik, Jovan menuturkan ia terjaring dalam seleksi itu. Diapun berhasil melewati tes itu tetapi saat pendalaman wawancara psikologi dia menolak dan menyatakan niatnya untuk masuk Akademi Militer.

Baca Juga: Jokowi Larang Menterinya Suarakan Penundaan Pemilu, Fahira Idris: Fokus Pulihkan Ekonomi

Tahun 1997 saat lulus dari SMA Taruna Nusantara menjadi lulusan terbaik dan mendapat Garuda Trisakti Tarunatama, AHY mendaftar ke Akademi Militer tetapi pada tahun itu proses seleksi ke Akademi Militer tidak seperti sekarang.

Seleksi tidak langsung dilakukan di Akademi Militer tetapi tergabung atau terintegrasi di bawah naungan Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia atau yang popular disebut sebagai AKABRI. Sebelum masuk Akademi Angkatan atau Matra mereka akan mengikuti seleksi umum di bawah naungan AKABRI tersebut.

Jovan bercerita pada saat seleksi umum tersebut ternyata AHY ditetapkan sebagai calon taruna nomor urut satu di Akademi Angkatan Udara (AAU) hasil psikologinya sangat memuaskan. Dengan tinggi 182 cm para penguji meyakini AHY bisa menjadi Pilot Pesawat Tempur di TNI AU.

Baca Juga: Jelang Dimulainya Tahapan Pemilu 2024, KPU Jelaskan Syarat Pendaftaran Peserta Pemilu

Lagi-lagi saat proses seleksi wawancara AHY menolak untuk menjadi pilot dan lebih memilih Akademi Militer meskipun di Akademi Militer hasil psikologi AHY berada di urutan ke-4 dari 300 lebih calon taruna yang akan diterima di Akademi Militer.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah dan DPR Sahkan RUU KUHP jadi Undang-undang

Selasa, 6 Desember 2022 | 13:55 WIB

Penjualan Pulau Perbuatan Nista, Mengancam NKRI

Selasa, 6 Desember 2022 | 13:30 WIB

Relawan Perubahan Sumbar Dukung Anies Sebagai Capres

Senin, 5 Desember 2022 | 23:10 WIB
X