• Kamis, 6 Oktober 2022

Parpol Tak Dipercaya karena Kader Tak Aspiratif dan Koruptif

- Selasa, 5 April 2022 | 15:46 WIB
Gedung DPR MPR RI. (yulipe)
Gedung DPR MPR RI. (yulipe)
 
Jakarta, HanTer - Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul Jakarta, M. Jamiluddin Ritonga, menyebut rendahnya kepercayaan publik terhadap partai politik (parpol) sangat memprihatinkan. Ini karena parpol merupakan representatif perwakilan rakyat.
 
"Ada beberapa penyebab rendahnya kepercayaan publik terhadap parpol," ujarnya di Jakarta, Selasa (5/4/2022).
 
 
Pertama, katanya, parpol dinilai kurang memperjuangkan aspirarasi rakyat. Berbagai persoalan rakyat terkesan diabaikan parpol.
 
Kasus minyak goreng misalnya, terkesan parpol pemerintah tidak berpihak kepada rakyat. Bahkan ada parpol yang justeru mengeritik rakyat yang antri minyak goreng.
 
"Jadi, parpol dinilai tidak peka terhadap kesulitan rakyat. Akibatnya, parpol dinilai tidak aspiratif karena tidak memperjuangkan persoalan rakyat," jelasnya.
 
 
Dua, sambung Jamiluddin, kader parpol masih banyak yang melakukan tindak korupsi. Perilaku koruptif ini menciderai rasa keadilan rakyat yang hidup dalam kesusahan. Hal itu sangat dirasakan rakyat saat dana bansos dikorupsi oleh kader parpol tertentu. Perilaku seperti itu membuat rakyat tidak percaya terhadap parpol.
 
Tiga, adanya parpol yang mengusung penundaan pemilu dan presiden tiga periode. Apa yang diperjuangkan parpol tersebut sangat bertentangan dengan harapan rakyat. Padahal, hasil survei menunjukkan, mayoritas rakyat tidak menghendaki penundaan pemilu dan presiden tiga periode.
 
 
"Jadi, banyaknya sikap dan perilaku kader parpol yang tidak aspiratif, membuat rakyat tidak percaya kepada parpol. Sikap dan perilaku demikian seharus dijauhkan agar rakyat kembali percaya kepada parpol," tandasnya.
 
"Selain itu, parpol harus dapat menekan kadernya menjauhi perilaku koruptif. Kalau kader parpol bersih dari korupsi maka kepercayaan rakyat kepada parpol dapat pulih kembali," tambahnya.***

Editor: Yuli Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Anggota TNI Penendang Aremania Diproses Hukum

Kamis, 6 Oktober 2022 | 12:30 WIB
X