• Jumat, 7 Oktober 2022

Ribuan Buruh Demo di Kemenaker, KSPI Surati Jokowi Minta JHT Cair Usia 56 Tahun Dicabut

- Rabu, 16 Februari 2022 | 11:31 WIB
Ilustrasi Demo Buruh
Ilustrasi Demo Buruh

Jakarta, HanTer—Ribuan buruh dari berbagai serikat pekerja wilayah Jabodetabek siap menggelar aksi unjuk rasa di dua tempat, yakni Kantor Kementerian Ketenagakerjaan dan Kantor Pusat BP Jamsostek pada Rabu (16/2).

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menjelaskan aksi digelar untuk menuntut pencabutan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2022 tentang Tata Cara dan Persyaratan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua (JHT) yang dinilai merugikan karena dana JHT baru bisa dicairkan jika pekerja berusia 56 tahun atau memasuki masa pensiun.

"Aksi akan diikuti ribuan (buruh) karena puluhan ribu tidak memungkinkan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Wilayah Jabodetabek akan kita pusatkan aksi di Kantor Kemenaker dan Kantor Pusat BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek," kata Said dalam konferensi pers secara virtual di Jakarta, Selasa (15/2/2022).

Baca Juga: Herry Wirawan Divonis Seumur Hidup, Keluarga Korban Kecewa Pemerkosa 13 Santriwati Tidak Dihukum Mati

Said menjelaskan aksi tersebut juga akan digelar secara serentak pada Rabu di seluruh wilayah Indonesia, yakni di Kantor Dinas Tenaga Kerja setempat baik kabupaten/kota, provinsi, serta kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan.

Jokowi

KSPI sudah mengirimkan surat kepada Presiden Jokowi untuk mencabut Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 2 Tahun 2022 tentang Tata Cara dan Persyaratan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua (JHT).
"Kami sudah mengirimkan surat kepada presiden Jokowi untuk segera memerintahkan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mencabut Permenaker Nomor 2 Tahun 2022," ungkap Said Iqbal.

Selain mencabut beleid tersebut, ia juga meminta Presiden Jokowi kembali memberlakukan Permenaker Nomor 19 Tahun 2015. Karena dalam Permenaker Nomor 19 Tahun 2015, JHT dapat diberikan kepada peserta yang mengundurkan diri dan dibayarkan secara tunai setelah melewati masa tunggu 1 bulan terhitung sejak tanggal surat keterangan pengunduran diri dari perusahaan.

Said mengatakan pencairan dana JHT sangat dibutuhkan oleh pekerja atau buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) ataupun pensiun dini untuk bertahan hidup karena telah karena sudah tidak memiliki pendapatan lagi. Selain mengirimkan surat, ia menuturkan seluruh serikat buruh di Indonesia akan melangsungkan aksi unjuk rasa pada Rabu (16/2/2022).

Kaji Ulang

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

Kasad Jenguk Korban Peristiwa Kanjuruhan Malang

Kamis, 6 Oktober 2022 | 16:45 WIB
X