• Selasa, 6 Desember 2022

Gerindra Kritik Keras Menaker: Cabut Aturan Pencairan JHT di Usia 56 Tahun

- Senin, 14 Februari 2022 | 20:43 WIB
Ketua Fraksi Gerindra DPR RI, Ahmad Muzani
Ketua Fraksi Gerindra DPR RI, Ahmad Muzani

Jakarta, HanTer - Partai Gerindra tegas meminta Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mencabut aturan yang menyatakan Jaminan Hari Tua (JHT) baru bisa dicairkan saat usia 56 tahun. Sebab, dana JHT merupakan harapan utama pekerja sebagai modal usaha bagi mereka yang sudah berhenti bekerja.

"Permenaker Nomor 2 Tahun 2022 harus dicabut karena di masa pandemi Covid-19 ini, tunjangan JHT yang telah dikumpulkan BPJS menjadi sandaran utama bagi para pekerja baik buruh pabrik ataupun perkantoran," kata Ketua Fraksi Gerindra DPR RI, Ahmad Muzani dalam keterangan resminya, Senin (14/2).

Muzani menambahkan, uang JHT menjadi tumpuan kaum pekerja yang menjadi korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Menurutnya, jutaan pekerja telah dipecat sejak pandemi Covid-19 melanda tanah air.

Baca Juga: Gerindra Kembali Pastikan Prabowo Maju Sebagai Capres di Pilpres 2024

Sementara korban PHK itu, kata Muzani, sulit mencari pekerjaan karena kehadiran angkatan kerja baru. Akhirnya, korban PHK menggunakan uang JHT sebagai modal usaha mikro kecil menengah (UMKM).

"Jadi jelas, kebijakan dari Permenaker ini tidak sejalan dengan semangat pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi," sentil Muzani.

Muzani berujar semestinya pemerintah membuat kebijakan yang menguntungkan korban PHK di masa Covid-19 ini. Hal itu salah satunya seperti membuat pelatihan keterampilan UMKM.

Muzani juga mengkritik dan menyebut bahwa kebijakan pencairan dana JHT 30 persen dari orang yang menggunakan BPJS selama 10 tahun bukan solusi.

Baca Juga: Elektabilitas PDIP-Gerindra Unggul di Akhir 2021, Partai Ummat Gesur PAN

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah dan DPR Sahkan RUU KUHP jadi Undang-undang

Selasa, 6 Desember 2022 | 13:55 WIB

Penjualan Pulau Perbuatan Nista, Mengancam NKRI

Selasa, 6 Desember 2022 | 13:30 WIB

Relawan Perubahan Sumbar Dukung Anies Sebagai Capres

Senin, 5 Desember 2022 | 23:10 WIB
X