• Rabu, 7 Desember 2022

Komisi VI Dukung Langkah PMO Kopi Nusantara Untuk Kesejahteraan Petani

anu
- Sabtu, 12 Februari 2022 | 17:45 WIB
Anggota Komisi VI DPR RI Nasim Khan
Anggota Komisi VI DPR RI Nasim Khan

Jakarta, HanTer - Anggota Komisi VI DPR RI Nasim Khan mendukung langkah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang membentuk Project Management Office (PMO) Kopi Nusantara. Ia meminta agar dalam pelaksanaannya, PMO Kopi Nusantara itu dilaksanakan dengan baik sehingga membawa dampak positif bagi petani kopi.

"PMO ini sangat baik, bermanfaat buat pengembangan kopi nasional bila benar-benar dijalankan. Kami sangat mendukung," tegas Nashim kepada wartawan, Kamis (10/2/2022).

Ia menekankan, pihak-pihak yang terlibat dalam PMO Kopi Nusantara harus bersinergi satu sama lain. Dari BUMN-nya sendiri yang telah ditentukan seperti PT Perkebunan Nusantara, Perhutani, Pupuk Indonesia, Bank Rakyat Indonesia, hingga Rajawali Nusantara Indonesia, maupun pihak swasta dan asosiasi hingga petani kopi itu sendiri.

Anggota legislatif dari daerah pemilihan Jawa Timur III itu menyinggung besarnya potensi kopi di daerahnya. Yakni di Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Situbondo. Sejauh ini, pengembangan kopi dilakukan oleh petani dengan menggandeng pihak lain secara mandiri.

"Wilayah saya, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, itu sangat luar biasa trah perkopiannya hingga terkenal keluar negeri melalui berbagai event, sangat unggul," sebut Nasim.

"Kita akan lihat, tinggal bagaimana perhatian PMO terhadap pertanian. Baik kebutuhan hulu hingga hilirnya, baik lahannya, pupuknya, perawatannya, pengembangannya sampai pada pemasarannya," sambung Anggota Fraksi PKB tersebut.

Jebolan Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang itu menyatakan, Kabupaten Bondowoso sudah familiar dikenal masyarakat Jatim dan Indonesia umumnya sebagai republik kopi-nya Indonesia. Begitu juga di Kabupaten Situbondo yang terkenal dengan luwak kopinya melalui Perkebunan Kopi Kayumas.

"Sudah terkenal image republik kopi, juga Situbondo kayumas terkenal dengan luwak kopi, juga lain-lainnya. Kami harap, PMO Kopi Nusantara bisa benar-benar menjadi motor regulasi ke depan lebih nyata," pungkas Nasim Khan.

Menteri BUMN Erick Thohir sebelumnya mengatakan PMO Kopi Nusantara salah satunya adalah untuk membangun ekosistem Indonesia dalam persaingan di dunia global. Menteri Erick juga menekankan pentingnya sinergitas antar lini untuk memperkuat industri kopi dalam negeri.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Terkini

Bom Polsek Astana Anyar, Satu Polisi Meninggal

Rabu, 7 Desember 2022 | 12:35 WIB

RUU KUHP Telah Disahkan Menjadi Undang-Undang

Selasa, 6 Desember 2022 | 23:05 WIB

Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Tingkatkan Pemberdayaan UMKM

Selasa, 6 Desember 2022 | 21:03 WIB

Terus Berlanjut Kasus Net89 Polisi Sita Kantor PT SMI

Selasa, 6 Desember 2022 | 18:43 WIB
X