Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel Ajak Produk Lokal Menjadi Produk Global

anu
- Sabtu, 19 Juni 2021 | 12:55 WIB
Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel dalam acara Forum Komunikasi dan Sosialisasi Kinerja DPR di ICE BSD Tangerang, Banten, Jumat (18/6/2021).
Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel dalam acara Forum Komunikasi dan Sosialisasi Kinerja DPR di ICE BSD Tangerang, Banten, Jumat (18/6/2021).

Tangerang, HanTer - Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel menginginkan agar produk lokal menjadi produk global, dan secara bersama-sama rakyat Indonesia perlu mendorong industri dalam negeri semakin berkembang. 

Pimpinan DPR Koordinator bidang Industri dan Pembangunan tersebut menyebut Indonesia bisa memasarkan produk herbal, kerajinan tangan, dan mebel.

“Pandemi ini momentum kita untuk mendorong agar produk lokal menjadi produk global,” kata Gobel dalam acara Forum Komunikasi dan Sosialisasi Kinerja DPR di ICE BSD Tangerang, Banten, Jumat (18/6/2021).

Pandemi Covid-19, kata Gobel menjadi kesempatan untuk Indonesia bangkit, bukan malah terpuruk. Gobel menyatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada periode pertama menegaskan pembangunan ekonomi harus dari pinggiran. 

Sehingga Jokowi membangun infrastruktur. Selain itu, ada miliaran rupiah dana desa yang dikucurkan untuk membangun perekonomian di desa.

“Produk desa bisa jadi produk lokal, produk lokal ke nasional, dari nasional ke internasional. Kita ambil kekuatan di desa untuk bisa menjadi produk global,” tuturnya.

Gobel yang juga pengusaha ini mencontohkan produk herbal di pasar dunia mencapai Rp 900 triliun, sedangkan Indonesia hanya bisa mengisi Rp 9 triliun. 

Untuk produk kerajinan tangan dan mebel masih US$ 2 miliar, sedangkan Vietnam sudah sampai US$ 6 miliar. Dikatakan, herbal, kerajinan tangan, dan mebel banyak berasal dari desa. Gobel mengaku sudah berkeliling ke desa-desa menyaksikan potensi tiga produk tersebut.

“Saya katakana ini, karena sudah keliling ke desa. Lihat langsung bagaimana potret industri kita. Apa mereka bisa jadi produk global? Mestinya bisa,” ulasnya.

Halaman:

Editor: anu

Tags

Terkini

Ini Langkah Pemerintah Hingga Sukses Tangani Pandemi

Jumat, 27 Januari 2023 | 22:10 WIB

Hendra Kurniawan Dituntut 3 Tahun Penjara

Jumat, 27 Januari 2023 | 17:14 WIB

Kala Gibran Pamer Foto Bareng Maskot Jakarta

Jumat, 27 Januari 2023 | 15:29 WIB

Polri: Terorisme Masih Menjadi Ancaman Pemilu 2024

Jumat, 27 Januari 2023 | 11:11 WIB
X