• Kamis, 1 Desember 2022

Jadi Sorotan, Begini Kata Erick Thohir Soal Personil SlanK Jabat Komisaris

anu
- Rabu, 2 Juni 2021 | 22:23 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir

Jakarta, HanTer - Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir akhirnya memberikan penjelasan mengenai pertimbangan Kementerian BUMN memilih komisaris, khususnya di PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) yang memiliki kode saham TLKM di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Erick juga memberikan klarifikasi mengapa memilih seorang tokoh agama yakni Ketua Umum Pengurus Besar Nahdatul Ulama, Said Aqil Siroj sebagai komisaris PT Kereta Api Indonesia (PT KAI).

Keterangan Erick Thohir ini lantaran pemilihan dua orang komisaris tersebut mendapat banyak sorotan di masyarakat, karena dianggap kurang pas dengan kemampuan yang mereka miliki, untuk menjadi pengurus Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Januari 2020 saya bilang Telkom harus berubah, dan sekarang saham Telkom naik," kata Erick Thohir kepada Wartawan Rabu (2/6/2021) seperti disiarkan langsung dalam kanal media sosial Instagram Kementerian BUMN.

Sebelumnya saat itu Erick Thohir yang belum lama dilantik menjadi menteri BUMN meminta agar Telkom tidak mengandalkan penghasilan dari anak usahanya PT Telkomsel. 

Erick Thohir menyebut penghasilan Telkom mayoritas berasal dari Telkomsel sehingga manfaat yang diberikan oleh PT Telkom kepada negara tidak lebih baik dibandingkan manfaat yang diterima oleh negara dari PT Telkomsel yang juga anak usaha PT Telkom.

Selain itu, kritik lain yang diberikan Erick Thohir kepada PT Telkom saat itu adalah kemampuan PT Telkom untuk menyediakan infrastruktur big data seperti cloud, alias server.

Menteri berlatar belakang pengusaha ini mencontohkan, saat pelaksanaan Asian Games 2018, Erick Thohir sebagai ketua pelaksana mengaku terpaksa memilih Alibaba Cloud untuk menyediakan infrastruktur telekomunikasi. Sebab saat itu PT Telkom belum punya kemampuan untuk menyediakannya

Erick Thohir juga menegaskan agar jangan sampai Telkomsel terjebak di bisnis yang eksisting. Sebagai Menteri BUMN, Erick Thohir menegaskan agar Telkomsel dan Telkom tidak boleh menjadi sunset industry.

Halaman:

Editor: anu

Tags

Terkini

Jokowi Diminta Lakukan Reshuflle Kabinet

Rabu, 30 November 2022 | 23:49 WIB

DPR Akan Tetap Sahkan RKUHP Meski Mendapat Penolakan

Rabu, 30 November 2022 | 23:43 WIB
X