• Selasa, 6 Desember 2022

Dakwaan JPU Kejati Jabar Terkait Penggelapan Kandas di Tangan Majelis Hakim PN Cikarang Bekasi

anu
- Selasa, 30 Maret 2021 | 20:49 WIB
Sidang kasus penggelapan (Pasal 372 KUHPidana) Andy Tediarjo,The di PN Cikarang, Bekasi
Sidang kasus penggelapan (Pasal 372 KUHPidana) Andy Tediarjo,The di PN Cikarang, Bekasi

Jakarta, HanTer - Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Cikarang, Bekasi mematahkan dakwaan Jaksa Penutut Umum Kejaksaan Tinggi Jawa Barat yang menuntut 2.5 tahun penjara Andy Tediarjo, The dalam kasus penggelapan (Pasal 372 KUHPidana). Dengan dipatahkannya dakwaan JPU maka Andy Tediarjo,The diputus bebas (onslag) atas dakwaan penggelapan uang sewa tanah sebesar Rp 8 miliar.

Sebelumnya Andy menjadi terdakwa setelah dilaporkan oleh keponakannya Juanda dengan tuduhan menggelapkan uang sewa tanah seluas 2 hektar yang terletak di Cibitung, Bekasi.

"Hari, Selasa, tanggal 30 Maret 2021 Pukul 11.15 WIB Majelis Hakim memutus bebas perkara pidana atas nama terdakwa Andy Tediarjo, The," kata kuasa hukum Andy Tediarjo, Pieter Ell  dampingi Rikska dan Dini dari kantor LSS Law Firm & Partners, kepada wartawan, Selasa (30/3/2021).

Pieter mengatakan, sejak awal memprediksi kliennya akan diputus bebas, karena bagaimana mungkin kliennya didakwa menggelapkan uang sewa tanah yang merupakan miliknya sendiri. Untuk itu Pieter menyesalkan atas profesionalisme jaksa penuntut umum yang mendakwa kliennya dengan hukuman penggelapan ancaman hukumannya 4 tahun.

"Saya harap Jaksa Agung Muda Pengawasan memeriksa Kajati Jawa Barat dan jajarannya," tutur Pieter yang juga aktor dalam film Bodyguard ugal ugalan ini.

Sidang tersebut dipimpin oleh Majelis Hakim atas nama Darma Indo Damanik, S.H., M.Kn. selaku hakim ketua, Decky Christian S.S.H selaku hakim anggota 1, dan Muhammad Nafis, S.H selaku hakim anggota 2 dan dihadiri oleh Jaksa Penuntut Umum atas nama Mylandi Susana, S.H dan Sariffudin A, S.H dari Kejaksaan Tinggi Jawa Barat juga dihadiri oleh Tim Penasehat Hukum Andy Tediarjo, The.

Adapun amar putusan adalah,menyatakan terdakwa Andy Tediarjo, The tersebut di atas tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana dalam Dakwaan Pertama Pasal 372 KUHP dan Dakwaan Kedua Pasal 385 ayat (4) KUHP.

Membebaskan terdakwa oleh karena itu dari semua Dakwaan Penuntut Umum tersebut. Memulihkan hak-hak terdakwa dalam kemampuan kedudukan harkat serta martabatnya.
Mengembalikan barang bukti berupa 1 bundle fotocopy Akta Pernyataan yang dikeluarkan oleh Notaris Mardiah Said dan seterusnya.

Selain itu, 7 lembar surat pendaftaran tanah terlampir dalam berkas perkara dengan 1 bundle berkas kontrak sewa dan pembayaran sewa antara PT. Intan Angkasa Service dengan saudara Andy Tediarjo, The dikembalikan kepada saksi Siti Nurul Huda. Satu bundle berkas kontrak sewa dan pembayaran sewa antara PT. Mega Multi Kemasindo dengan saudara Andy Tediarjo, The dikembalikan kepada saksi Adrianto Birendra Jap.

Halaman:

Editor: anu

Tags

Terkini

Pemerintah dan DPR Sahkan RUU KUHP jadi Undang-undang

Selasa, 6 Desember 2022 | 13:55 WIB

Penjualan Pulau Perbuatan Nista, Mengancam NKRI

Selasa, 6 Desember 2022 | 13:30 WIB

Relawan Perubahan Sumbar Dukung Anies Sebagai Capres

Senin, 5 Desember 2022 | 23:10 WIB
X