• Rabu, 10 Agustus 2022

LAPAN Ingatkan Potensi Cuaca Ekstrem Sepanjang Maret

- Jumat, 12 Maret 2021 | 08:11 WIB
Ilustrasi/foto: pixabay
Ilustrasi/foto: pixabay

JAKARTA - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memprediksi potensi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah di Indonesia sepanjang Maret 2021. 

Ketua Tim Variabilitas Iklim dan Awal Musim (TIVIAM) Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA) LAPAN, Erma Yulihastin, menyebut cuaca ekstrem itu berupa hujan deras yang menimbulkan banjir. Juga longsor. 

"Ini akan terjadi di pulau Jawa, Sulawesi bagian tengah dan Indonesia bagian timur," ujar Erma, Kamis (11/3/2021). 

Menurutnya, angin kencang serta tingginya gelombang laut amat berpotensi terjadi di Laut Jawa dan perairan selatan Jawa pada Maret 2021. Sementara Juni dan Juli 2021, hal serupa bisa terjadi di perairan selatan Jawa, Laut Arafura, dan Laut Banda.

Selama Februari 2021, lanjutnya, intensitas hujan meningkat. Ini karena seiring dengan pertumbuhan awan konvektif yang terjadi secara merata di Indonesia. 

"Variabilitas hujan menunjukkan hujan maksimum terkonsentrasi di bagian timur yaitu di Papua dan sekitarnya dan bagian barat Indonesia yaitu Jawa dan sekitarnya," katanya. 

Ia juga menyebutkan dinamika pada dasarian III Februari menunjukkan La Nina yang cenderung menguat (-0,8 menuju -1oC), bersamaan dengan aktivitas Cross Equatorial Northerly Surge (CENS), Cold Tongue (CT), dan perambatan uap air dari timur ke barat yang berasosiasi dengan pergerakan siklon tropis dari selatan Nusa Tenggara menuju selatan Jawa. 

Menurutnya, kondisi global dan regional ini memberi lingkungan yang mendukung untuk terjadinya hujan ekstrem, seperti sebelumnya pada 20 Februari di kawasan Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi (Jadetabek) hingga mencapai intensitas 226 mm/hari. 

"Hujan ekstrem tersebut berdampak bencana banjir yang meluas di kawasan tersebut," ujarnya. 

Halaman:

Editor: yuli

Tags

Terkini

Jalin Kekutan Baru, Perpusnas Kolaborasi dengan TNI

Selasa, 9 Agustus 2022 | 22:11 WIB

Rakyat Jelata Gelar Aksi Sejuta Motor Menuju Istana

Selasa, 9 Agustus 2022 | 11:44 WIB
X