• Rabu, 28 September 2022

Akibat Kondisi Negara Makin Buruk, Pengamat Sebut Jokowi Takut dengan SBY dan JK

oni
- Rabu, 3 Maret 2021 | 10:41 WIB

Jakarta, HanTer - Koordinator Gerakan Perubahan (Garpu) Muslim Arbi mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) takut terhadap SBY dan JK  bisa jadi karena kondisi negara yang saat ini dikelola Jokowi semakin buruk. Padahal Jokowi mengklaim memiliki tim yang hebat. 

"Dan kalau tim -nya hebat, Jokowi tidak perlu takut terhadap SBY dan JK. Sebelum semakin parah, Jokowi harus  merubah cara mengurus negara saat ini. Seperti kritik keras Rocky Gerung, "Jokowi revisi dulu isi otaknya, sebelum revisi UU ITE"," tegasnya.

Sebelumnya pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) Rocky Gerung (RG) dalam acara Rosiana Silalahi di Kompas TV mengatakan, Jokowi takut dengan SBY dan JK, sehingga dia meminta UU ITE direvisi. 

Menurut Muslim, ketakutan itu lah yang akhirnya Jokowi meminta UU ITE  direvisi. "Karena UU ITE di zaman SBY-JK tidak digunakan untuk menangap lawan politiknya. Tapi sekarang Jokowi gunakan UU ITE untuk bungkam pikiran-pikiran kritis. Dan lawan-lawannya yang dianggap berseberangan dan tidak pro pemerintah," ujar Muslim kepada Harian Terbit, belum lama ini.

Muslim mengatakan, jka Jokowi mau revisi UU ITE maka segera saja bebaskan para tokoh dan aktivis yang ditangkap karena salah terapkan UU ITE itu sekarang juga.  "Jika tidak Jokowi hanya dianggap pencitraan belaka ketika dia minta UU ITE direvisi," paparnya.

Amburadul

Sementara itu, pengamat politik Rusmin Effendy juga mempertanyakan pernyataan Rocky Gerung soal kemungkinan Jokowi takut dengan SBY maupun JK. "Saya bisa memahami kalau sampai RG bicara seperti itu. Kemungkinan SBY dan JK mempunyai kartu truf tentang Jokowi, namun tidak berani mengungkapkan masalah itu ke publik," ujarnya.

Soal kartu truf, Rusmin hanya menjawab, "Mungkin hanya mereka (SBY dan JK) yang tahu. 

Menurut Rusmin, belakangan ini JK sering melontarkan pelbagai kritik terhadap pemerintahan Jokowi. Persoalannya, kenapa saat jadi Wapres tidak berani bersuara. "Kan aneh kalau sekarang tiba-tiba kritis, dulu saat menjadi wapres apa yang dilakukan JK juga tidak terlihat, dan bermanfaat buat rakyat," tegasnya.

Halaman:

Editor: oni

Tags

Terkini

Banyak Dikiritik, Program Kompor Listrik Dibatalkan

Rabu, 28 September 2022 | 09:25 WIB

DPR Desak KPK Jemput Paksa Lukas Enembe

Rabu, 28 September 2022 | 08:55 WIB
X