• Jumat, 7 Oktober 2022

Prabowo-Puan dan Anies-Susi Bakal Bertarung Sengit di Pilpres 2024

oni
- Selasa, 23 Februari 2021 | 11:50 WIB

Jakarta, HanTer - Prabowo Subianto-Puan Maharani dan Anies Baswedan-Susi Pudjastuti diprediksi bakal bertarung sengit pada Pilpres 2024 mendatang. Pasangan lain yang bakal muncul adalah Airlangga Hartarto dan Khofifah Indar Parawansa atau dengan Muhaimin Iskandar.

Direktur Rumah Politik Indonesia (RoI Indonesia), Fernando Ersento Maraden Sitorus mengatakan, Prabowo, Ganjar dan Anies untuk saat ini capres yang berpotensi untuk berkompetisi pada Pilpres 2024. Jika benar akan terwujud koalisi PDIP dengan Gerindra maka calon yang berpeluang adalah Prabowo berpasangan dengan Puan sehingga akan memperkecil peluang Ganjar untuk ikut pilpres 2024.

"Anies yang sudah "dilirik" oleh Nasdem juga berpeluang akan didukung oleh PKS dan PAN yang sudah memperoleh suara di DPR sebesar 24,1%. Sudah memenuhi syarat untuk mengusung pasangan capres dan cawapres," ujar Fernando Ersento Maraden Sitorus kepada Harian Terbit, Senin (22/2/2021).

Dia memaparkan, Golkar dan PKB juga cukup untuk mengusung calon pada Pilpres 2024 karena sudah memiliki suara di DPR sebesar 22%. Namun sangat kecil kemungkinan jika Ganjar akan diusung oleh Golkar dan PKB. Kemungkinan Golkar akan menduetkan Airlangga dan Muhaimin Iskandar. Akan sangat menarik kalau Golkar dan PKB memasangkan Airlangga dengan Khofifah. 

"NASDEM, PKS, dan PAN menduetkan Anies dengan Susi Pujiastusi. Saya melihat Anies memiliki nilai jual bagi Nasdem, PKS dan PAN. Sehingga peluang Anies untuk ikut kontestasi pilpres tahun 2024 sangat terbuka," jelasnya.

Sementara untuk Prabowo dan Ganjar, Fernando menyebut, Prabowo masih memiliki peluang untuk ikut berkompetisi pada pilpres 2024. Dengan modal suara di DPR sebesar 12,57 memberikan peluang berkoalisi dengan PDIP. Sedangkan Ganjar memiliki peluang yang sangat kecil untuk diusung oleh PDIP atau partai lainnya.

“Prabowo-Puan dan Anies-Susi akan bertarung sengit pada pilpres mendatang,” kata Fernando.

Sangat Populer

Direktur Suara Demokrasi Nusantara (SuDeRa) Syafti Hidayat mengakui, Prabowo, Ganjar, dan Anies memang tiga nama yang sangat populer di mata publik. Namun untuk menjadi presiden maka semuanya tergantung dari parpol yang ada sekarang. Karena pilpres hanya lewat parpol dan tidak ada calon independen. Persyaratan yang sulit itu membuat hanya ada dua atau tiga calon di Pilpres 2024.

Halaman:

Editor: oni

Tags

Terkini

Kasad Jenguk Korban Peristiwa Kanjuruhan Malang

Kamis, 6 Oktober 2022 | 16:45 WIB
X