• Rabu, 28 September 2022

Jika Mega dan JK Jadi Capres 2024, Ujang: Lo Lagi, Lo Lagi, dan Lo Lagi

oni
- Kamis, 28 Januari 2021 | 12:34 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

Jakarta, HanTer - Megawati Soekarnoputri dan Jusuf Kalla (JK) disebut-sebut berpotensi maju sebagai calon presiden pada kontestasi pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Bagaimana peluang JK dan Mega? Pengamat politik mengatakan, kedua tokoh itu sulit untuk diterima masyarakat.

“Majunya kedua tokoh politik tersebut sulit untuk diterima masyarakat. Hal ini lantaran banyak masyarakat yang menginginkan adanya pemimpin baru. Jika tokoh tua muncul lagi, rakyat sepertinya sulit menerima, karena yang berkuasa itu lagi, itu lagi. Istilah anak mudahya L3 (Lo lagi, lo lagi, dan lo lagi),” kata pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komaruddin kepada Harian Terbit, Rabu (27/1/2021).

Menurut Ujang, Pilpres di Indonesia berbeda dengan di Amerika Serikat dan Malaysia, di mana tokoh tua mampu memenangkan Pilpres. “Jika di Malaysia dan AS kaum tua bisa menang, itu karena rakyat suka dengan mereka,” paparnya.

“Namun di Indonesia, kejadiannya berbeda, Mega dan JK akan sulit muncul lagi di 2024 karena rakyat menginginkan perubahan,” sambungnya.

Dia melihat, rakyat Indonesia lebih menginginkan sebuah regenerasi, terlebih Pilpres 2024 akan didominasi pemilih kalangan muda. “Selain karena banyaknya pemilih muda. Itu juga karena rakyat sudah jenuh dengan yang tua-tua. Saatnya yang muda yang berprestasi untuk muncul dan dimunculkan di 2024 nanti,” kata Ujang.

Oleh sebab itu, Ujang berkenyakinan Megawati dan JK hanya akan menjadi tokoh di balik layar pada Pilpres 2024. “Sepertinya Mega dan JK hanya akan menjadi king maker. Peluang mereka untuk muncul menjadi capres atau cawapres sangat kecil,” ujarnya.

Ketagihan

Pengamat politik dari Institute for Strategic and Development (ISDS) Aminudin mengatakan, mungkin para politisi gaek, JK dan Mega masuk sebagai politisi gaek ingin memanfaatkan effect domino terpilihnya Joe Biden sebagai Presiden AS. Joe Biden di usia masuk 79 tahun baru terpilih menjadi presiden AS.

"Orang yang sudah pernah menikmati kekuasaan akan cenderung ketagihan," ujar Aminudin kepada Harian Terbit, Rabu (27/1/2021).

Halaman:

Editor: oni

Tags

Terkini

Banyak Dikiritik, Program Kompor Listrik Dibatalkan

Rabu, 28 September 2022 | 09:25 WIB

DPR Desak KPK Jemput Paksa Lukas Enembe

Rabu, 28 September 2022 | 08:55 WIB
X