Heboh Virus Corona Karena Azab

oni
- Jumat, 13 Maret 2020 | 10:42 WIB

Jakarta, HanTer - Isu beredar di media sosial yang menyebut virus covid-19 sebagai azab. Menanggapi hal ini, pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Anton Tabah Digdoyo mengatakan, jika dilihat kronologis datangnya virus corona atau COVID-19 maka sangat benar mewabahnya virus corona yang terjadi saat ini bisa jadi tanda-tanda azab dari Allah SWT.  

"Virus Corona juga bisa jadi karena kebengisan diluar batas RRC pada umat Islam Uighur. Lalu kepongahan RRC merasa yang terkuat di dunia tiada tandingan dan sebagainya," paparnya.

Sementara itu, Ketua Media Center Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Bamukmin mengatakan,  musibah atau malapetaka itu ada dua sebab. Namun kedua duanya adalah ulah manusia sendiri. Pertama, ulah manusia sendiri secara langsung yang membuat kerusakan dimuka bumi ini (QS : Arrum 41). 

Kedua, ulah manusia sendiri secara tindak langsung yaitu melakukan kemungkaran (QS:Alqashas 59). Dan wabah virus Corona yang saat ini menjangkiti Indonesia ada dari dua sebab itu.

Bencana

Pimpinan Majlis Ta'lim Was Sholawat An Nur, Purwakarta, Ustadz Anugrah Sam Sopian mengatakan, wabah virus corona yang melanda dunia dewasa ini merupakan bala bencana yang diturunkan oleh Allah SWT. 

Menurutnya, seluruh peristiwa dan kejadian baik maupun buruk semua berasal dari sisi Allah SWT, termasuk soal virus yang saat ini juga menjangkiti Indonesia. 

"Bencana, musibah atau mewabahnya penyakit, semata-mata sebagai ujian bagi mereka yang bertaqwa dan sebagai teguran bagi mereka yang lalai dari Allah SWT. Hadapi semua musibah dengan kesabaran dan senantiasa meminta perlindungan Allah SWT," ujar Ustadz Anugrah Sam Sopian kepada Harian Terbit, Kamis (12/13/2020).

Ustadz Anugrah menegaskan, hadapi musibah dan bencana seperti wabah virus corona saat ini dengan penuh kesabaran, tenang dan jangan panik.
Lakukan upaya pencegahan penyebaran virus dengan semaksimal mungkin. Jaga kondisi tubuh, amalkan tibbun nabawi, dan ikuti petunjuk medis yang terpercaya. 

"Jangan takut atau khawatir yang berlebihan terkait dengan mewabahnya virus Corona, tapi wajib ikhtiar dan tawakkal," tegasnya.

Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Anton Tabah Digdoyo juga mengatakan, jika dilihat kronologis datangnya virus Corona maka sangat benar mewabahnya virus Corona yang terjadi saat ini bisa jadi tanda-tanda azab dari Allah SWT.  Seperti dilansir media-media barat tapi pejabat Indonesia tidak percaya terkait virus Corona. Karena Indonesia lebih  percaya ke apa kata RRC.

"Virus Corona juga bisa jadi karena kebengisan diluar batas RRC pada umat Islam Uighur. Lalu kepongahan RRC merasa yang terkuat di dunia tiada tandingan dan sebagainya," paparnya.

Ketua Media Center Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Bamukmin mengatakan,  musibah atau malapetaka itu ada dua sebab. Namun kedua duanya adalah ulah manusia sendiri. Pertama, ulah manusia sendiri secara langsung yang membuat kerusakan dimuka bumi ini (QS : Arrum 41). Kedua, ulah manusia sendiri secara tindak langsung yaitu melakukan kemungkaran (QS : Alqashas 59). Dan wabah virus Corona yang saat ini menjangkiti Indonesia  ada dari dua sebab itu.

Mewabahya virus Corona adalah pemberian Allah SWT atas ulah manusia. Jika benar virus Corona itu senjata biologi pemusnah masal mka manusia secara langsung yang membuat kerusakan. Kalau pun dari hewan karena apa yang Allah SWT haramkan dimakan maka secara tidak langsung melakukan larangan Allah SWT maka jelas Allah murka dan ketika murka semuanya terkena tanpa pilih pilih baik yang beriman atau tidak.

Halaman:

Editor: oni

Tags

Terkini

Kualitas SDM Indonesia Bisa Maksimal Lewat Literasi

Selasa, 21 Maret 2023 | 17:53 WIB

Ulama dan Pendekar Banten Dukung Rizal Ramli

Selasa, 21 Maret 2023 | 13:46 WIB
X