Fasilitas Umum untuk Pesepeda Harus Ditambah

Anu
Fasilitas Umum untuk Pesepeda Harus Ditambah

Jakarta, HanTer- Bersepeda di Ibukota saat ini menjadi alternatif transportasi berkendara menunjang aktivitas seharti-hari menggantikan sepeda motor, Mobil atau kendaraan umum.
 
Pesepeda dari komunitas Jakarta Night Ride (JNR) melihat dibutuhkan keberpihakan pemerintah Jakarta kepada pengguna sepeda setelah nantinya moda transportasi massal seperti LRT (Light Rail Transit) dan MRT (Mass Rapid Transit) sudah beroperasi penuh.

"Saat ini pesepeda masih sekedar dianggap sebagai sarana olahraga yang hanya dilakukan di akhir pekan (Sabtu dan Minggu), dan belum menjadi pilihan untuk transportasi masyarakat," ujar Budianto, warga Sawah Besar di Jakarta International Velodrome (JIV), Jumat (21/12) malam.

Ia juga melihat diperlukan kebijakan ramah bagi pesepeda seperti lajur khusus sepeda bisa diwujudkan setelah LRT dan MRT berfungsi. Pesepeda diharapkannya bisa mendapatkan fasilitas yang memadai dan memiliki berbagai keuntungan lainnya.

"Misalnya di setiap lokasi stasiun atau halte disediakan area parkir khusus sepeda sehingga memudahkan pengguna beralih ke transportasi massal dari rumah mereka. Perlu juga insentif potong harga entah dari harga tiket maupun biaya parkir," usulnya.

Luthfi Aprian Hidayat (24), anggota kesatuan Gegana Polda Metro Jaya yang sudah tiga kali mengikuti JNR menyebutkan, pesepeda harus bisa menggunakan kendaraan sepeda dengan kesadaran untuk menghormati pengguna jalan lainnya.

"Bersepeda banyak manfaatnya mulai dari menjaga kesehatan, menjaga lingkungan. Namun, meski bukan kendaraan bermotor pesepeda harus tetap mematuhi aturan lalu lintas dan menghargai pengguna jalan," katanya.

Sumarhandayani (43) warga Ancol, menyebutkan dirinya selalu memupuk kebiasaan hidup sehat dengan mengajak anak-anak nya menggunakan sepeda daripada menggunakan kendaraan angkot.

"Jarak sekolah tidak terlalu jauh dari rumah, anak juga jadi bisa belajar bertanggung jawab, sehat karena selalu berolahraga, dan memupuk tanggung jawab untuk menyelamatkan lingkungan," kata Handayani bersama kedua putrinya Aini (7) dan Andita (9).