Tips Aman Bersepeda dari Dr. Fauzan

Anugrah
Tips Aman Bersepeda dari Dr. Fauzan

Jakarta, HanTer- Para pesepeda tentunya suka dengan kegiatan gowes bersama, terlebih dengan keluarga atau komunitas sepeda, tapi tahukah anda bahwa ada beberapa hal yang harus di perhatikan sebelum anda mengayuh pedal kendaraan roda dua ramah lingkungan tersebut. 

Komunitas pesepeda yang sering berkumpul dalam event Jakarta Night Ride (JNR) di Jakarta International Velodrome (JIV) ini, memiliki tips khusus agar para pecinta atau yang hobi bersepeda bisa tetap aman di jalan.

Salah satu dokter yang hobi bersepeda, dr Fauzan Naggagita, menyebutkan, ada sejumlah tips penting bagi pesepeda pemula agar tetap aman dan selamat saat berkendara di jalan.

"Pertama, harus tahu batasan diri dan jangan memaksakan diri. Kedua, harus pemanasan terlebih dahulu jangan langsung full speed di tanjakan atau langsung menempuh kilometer panjang," ujar Fauzan, Sabtu (8/12).

Ia menyebutkan, pesepeda sebaiknya melakukan jogging, gowes ringan 5 menit hingga 10 menit. Kemudian, selalu membawa air minum apalagi untuk menempuh jarak yang jauh.

"Bagi pesepeda rekreasional, biasanya masalah utama adalah dehidrasi. Untuk yang sudah profesional sebaiknya menguasai pertolongan pertama bagi kelompok pesepeda, paling tidak satu orang bawa P3K, air gula, air oralit, dan es batu, hingga buble warp," tambahnya.

Fauzan menjelaskan, dari berbagai kerentanan cedera yang terjadi, paling banyak adalah keseleo atau bahkan otot robek karena sadel sepeda tidak ergonomis. Adapula cedera yang paling sering dialami pesepeda lainnya yakni keram dan sakit pinggang.

Gusti Efendi dari salah satu komunitas sepeda yang mengikuti event Jakarta Night Ride mengatakan untuk bersepeda yang aman itu harus menggunakan helm, jika malam hari wajib menggunakan lampu agar pengendara lain tau bahwa ada sepeda di depan nya.

"Untuk keamanan saat bersepeda itu tentunya harus pakai helm, kalau untuk malam hari menyalahkan lampu di depan dan belakang sepeda, jangan lupa sarung tangan dan sepatu agar tetap aman" Tukas Gusti.