Kemitraan Polri dengan Wartawan, Kapolda Cup 2018 Segera Digelar

Danial
Kemitraan Polri dengan Wartawan, Kapolda Cup 2018 Segera Digelar
Kapolda Cup, kompetisi futsal tahunan ini melibatkan peserta para wartawan di berbagai wilayah dan anggota kepolisian di lingkungan Polda Metro Jaya

Jakarta, HanTer - Ajang Kapolda Cup kembali digelar pada 8 Desember 2018 di Planet Futsal, Kuningan, Jakarta Selatan. Seperti biasa, kompetisi futsal tahunan ini melibatkan peserta para wartawan di berbagai wilayah dan anggota kepolisian di lingkungan Polda Metro Jaya, dengan penyelenggara Forum Wartawan Polri (FWP) bekerja sama dengan Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya.

"Pada tahun ini peserta yang terlibat total 31 tim, yang berasal dari berbagai kelompok kerja wartawan di Jakarta dan sekitarnya termasuk tim FWP, dan tim dari satuan kerja di Polda Metro Jaya," ujar Ketua FWP Naek Pangaribuan di Balai Wartawan Polda Metro Jaya, Senin (3/12/2018).

Sebelum bertanding, seluruh perwakilan peserta berkumpul di Balai Wartawan Polda Metro Jaya untuk mengikuti technical meeting atau pertemuan teknis, guna membahas aturan main pada Senin, 3 Desember 2018. Di samping itu, pertemuan juga untuk menjelaskan siapa lawan tim masing-masing di putaran awal turnamen, serta membahas hal-hal teknis dan nonteknis lainnya.

"Total hadiah pada Kapolda Cup 2018 senilai puluhan juta rupiah. Selain trofi Kapolda Cup, juara pertama akan meraih hadiah uang tunai Rp 10 juta," ucapnya.

Naek menjelaskan, Kapolda Cup merupakan salah satu upaya FWP agar para wartawan bisa lebih baik dalam menjalin hubungan dengan mitranya yaitu kepolisian. Kapolda Cup juga diharapkan mampu menjadi wadah apresiasi pimpinan Polda Metro Jaya terhadap para wartawan.

"Hubungan yang terjalin antara wartawan dengan polisi kan selama ini cenderung terbatas pada hubungan kerja, dengan Kapolda Cup ini diharapkan bisa meningkat, menjadi hubungan yang lebih cair dan fleksibel, sehingga hubungan kemitraan kedua pihak ini bisa menjadi lebih baik," papar Naek.

Selain itu, lanjutnya, kompetisi futsal tersebut sebagai juga dimanfaatkan sebagai ajang "olahraga massal", terutama bagi para jurnalis. Sebab, karena tuntutan pekerjaan yang tak mengenal waktu, Naek sadar jika para penyandang profesi ini seringkali lalai dengan kesehatannya.

"Wartawan ini gaya hidupnya terkadang kurang sehat. Nah dengan Kapolda Cup ini, bisa juga dimanfaatkan untuk bergaya hidup sehat dengan berolahraga. Jadi enak kan, bisa olahraga sekalian bonus hadiah," pungkasnya.