Kenaikan Tarif Parkir di DKI Diapresiasi

Sammy
Kenaikan Tarif Parkir di DKI Diapresiasi
Parkir di Jakarta

Jakarta, HanTer - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan akan mengurangi jumlah kantong parkir di Jakarta. Namun, tarifnya akan dinaikkan.

Rencana tersebut disambut baik Pengamat Transportasi, Darmaningtyas. Menurutnya, lokasi parkir memang seharusnya tak perlu berlebihan untuk sebuah kota yang sedang menggalakkan penggunaan transportasi publik.

"Penyediaan banyaknya lokasi parkir ini justru tak sesuai dalam teori transportasi publik," kata Darmaningtyas di Jakarta, Minggu (25/11/2018).

Ia menilai, kebijakan menaikkan tarif parkir di Jakarta tentunya mendorong masyarakat menggunakan angkutan publik. Ke depan, kata Darmaningtyas, sebuah bangunan gedung tak perlu lagi ada syarat mesti menyediakan parkiran yang luas.

"Kecil saja parkirannya. Biar orang naik angkutan massal," ucap Darmaningtyas.

Ia mengungkapkan, perlunya intensitas koordinasi antar lembaga bersangkutan, karena harus ada perubahan dalam Peraturan Daerah tentang parkir. "Tapi kenaikan tarif parkir mesti diiringi dengan perbaikan di sisi lain," jelas Darmaningtyas.

Seperti contohnya, kata dia, peningkatan pelayanan transportasi publik dan pembatasan pemakaian kendaraan pribadi.

"Dan uang dari kenaikan tarif parkir tak boleh menguntungkan pengusaha perparkiran. Tapi bagian terbesarnya tetap harus digunakan untuk peningkatan pelayanan publik," ujar Darmaningtyas.