Napi Cipipang Patok Harga Lukisan Tangan Rp1,5 Juta

zamzam
Napi Cipipang Patok Harga Lukisan Tangan Rp1,5 Juta

 

Jakarta, HanTer - Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoli mengagumi lukisan tangan (hand painting) karya narapidana dari Rumah Tahanan (Rutan) Cipinang, Jakarta, yang dilukis di kemeja jeans saat pameran fun walk Kumham BNI di Wisma BNI, Minggu (28/10/2018)

Dalam keterangan yang diterima, Menkumham mengunjungi stan yang diprakarsai Direktorat Jenderal Pemasyarakan Kementerian Hukum dan HAM ini.

Saat berada di stan ini, Yasonna mengagumi lukisan yang dibuat di baju tersebut berupa tematik dan tergantung pemesan.

"Untuk satu baju jeans dipatok harga Rp1,5 juta," kata Kasubsi Bimbingan Kegiatan Kerja Rutan Cipinang Eko Widiatmoko.

Eko menjelaskan bahwa saat ini sudah ada 10 narapidana yang dilatih rutan Cipinang untuk itu.

Dirjen Pemasyarakatan Sri Puguh Budi Utami mengatakan saat ini juga karya unggulan narapidana yang kualitas ekspor sedang dipamerkan di trade Expo Indonesia di BSD Tangerang.

Salah satu lukisan tiga dimensi karya narapidana Rutan Cipinang laku terjual seharga Rp10 juta oleh delegasi dagang Bahrain, ungkap Utami.

Dia juga menyebutkan pada 31 Oktober sampai 7 November mendatang juga akan ada "Art exhibition dan Napi craft ke-7", kerjasama dengan "second chance fondation",di Museum Keramik Kota Tua Jakarta Barat.

"Akan ditampilkan karya seni produk napi dan tampilan langsung musik dan tari, oleh warga binaan pemasyarakatan di Jabotabek," kata Utami. 

#Napi   #Cipinang   #Melukis   #