Pemilihan Presiden Amerika Serikat 2020

Joe Biden Presiden Amerika yang Baru Gantikan Donald Trump

Hermansyah
Joe Biden Presiden Amerika yang Baru Gantikan Donald Trump
Joe Biden, Presiden Amerika yang baru gantikan Donald Trump

Jakarta, HanTer - Politikus partai Demokrat Joe Biden akhirnya sukses mengalahkan Donald Trump untuk menjadi presiden Amerika Serikat ke-46 pada hari Sabtu waktu setempat atau Minggu (8/11/2020) WIB, memposisikan dirinya untuk memimpin negara yang dicengkeram oleh pandemi bersejarah dan pertemuan gejolak ekonomi dan sosial.

Kemenangannya terjadi setelah lebih dari tiga hari ketidakpastian ketika para pejabat pemilihan memilah-milah lonjakan suara yang menunda pemrosesan beberapa surat suara. Biden melewati 270 suara Electoral College yang dibutuhkan dengan merengkuh kemenangan di Pennsylvania.

Kenyataan ini tidak di terima oleh rivalnya itu. Trump menolak untuk menyerah, mengancam tindakan hukum lebih lanjut atas penghitungan suara.

Biden tidak mempertaruhkan pencalonannya pada ideologi politik yang berbeda, tetapi pada penggalangan koalisi pemilih yang luas di sekitar gagasan bahwa Trump merupakan ancaman eksistensial bagi demokrasi Amerika.

Strategi tersebut terbukti efektif, menghasilkan kemenangan penting di Michigan dan Wisconsin serta Pennsylvania, yang dulunya merupakan benteng Demokrat dan kemudian beralih ke Trump pada tahun 2016 lalu.

Biden, dalam sebuah pernyataan, mengatakan dia rendah hati dengan kemenangan itu dan sudah waktunya bagi negara yang terpukul untuk mengesampingkan perbedaannya. “Sudah waktunya bagi Amerika untuk bersatu. Dan untuk menyembuhkan," ujarnya seperti dilansir AP.

"Dengan berakhirnya kampanye, inilah saatnya untuk melupakan kemarahan dan retorika keras kita dan bersatu sebagai sebuah bangsa. Tidak ada yang tidak bisa kita lakukan jika kita melakukannya bersama," tambah Biden.

Trump adalah presiden petahana pertama yang kalah dalam pemilihan kembali sejak George HW Bush dari Partai Republik pada 1992 lalu.

BACA JUGA : Ungguli Trump, Biden Semakin Dekat dengan Ruang Oval Sebagai Presiden AS 

BACA JUGA : Biden Juga Menyalip Trump di Pennsylvania

BACA JUGA : Partai Republik Terpecah Atas Klaim Trump yang Tidak Berdasar Tentang Kecurangan Pemilu