Komitmen Tekan Penyebaran Corona Meski Berat, Pengusaha Jakarta Dukung PSBB 

Harian Terbit/Antara
Komitmen Tekan Penyebaran Corona Meski Berat, Pengusaha Jakarta Dukung PSBB 
Suasana perkantoran di Jakarta

Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Jakarta Sarman Simanjorang mengaku meski berat, kalangan dunia usaha mendukung penerapan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total di Jakarta demi menekan penyebaran virus Corona jenis baru atau Covid-19.

"Kami dari pengusaha punya komitmen yang tinggi, kalau untuk mematikan penyebaran Covid-19, kami siap melaksanakan dengan konsekuensi yang ada," katanya di Jakarta, Senin (14/9/2020).

Pembelakuan PSBB diakui Sarman berdampak berat bagi pengusaha di Jakarta karena pembatasan aktivitas bisnis. Meski demikian, ia berharap PSBB total kali ini diharapkan lebih efektif untuk menekan angka penyebaran Covid-19. Dengan demikian, aktivitas usaha akan bisa pulih dan normal kembali.

"Kemarin dua bulan terakhir mulai bergairah dengan PSBB transisi, aktivitas usaha berjalan meski dengan keterbatasan yang ada. Dunia usaha di Jakarta, baru gigi satu, gigi dua tiba-tiba direm, tapi kita akan laksanakan," katanya.

Pengawasan Ketat

Ketua Umum DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (Hippi) Provinsi DKI Jakarta itu juga berharap pemerintah melakukan pengawasan yang lebih ketat dan tegas dan melakukan penindakan tanpa kompromi dalam penerapan PSBB total jilid dua.

Menurutnya, pelaksanaan PSBB mulai dari yang pertama hingga PSBB transisi berjalan cukup efektif, namun semakin lama disiplin warga dan pekerja terus menurun sehingga membuat angka penyebaran mengkhawatirkan.

"Ini pertaruhan ekonomi, karena bagi pengusaha kan harus ada kepastian. Kalau PSBB berkepanjangan, ini ketidakpastian yang membuat pengusaha terpuruk. Investor juga akan ragu," katanya dilansir Antara.

Satgas COVID-19  

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 menyatakan, pihaknya dilibatkan dalam penyusunan Peraturan Gubernur Nomor 88 Tahun 2020 mengenai Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan Pengetatan di DKI Jakarta mulai 14 September 2020.

Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo dalam jumpa pers secara daring di Jakarta, Senin, mengatakan, pihaknya selalu berkoordinasi dan menjaga hubungan baik kepada setiap pemerintah daerah dalam menangani pandemi COVID-19.

"Kemarin pada saat terbitnya Pergub DKI di mana Satgas melalui Ketua Tim Pakar Prof Wiku Adisasmito telah ikut dilibatkan dalam penyusunan Pergub," kata Doni usai rapat terbatas mengenai Laporan Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Hal itu, kata Doni, juga sesuai instruksi dari Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airalangga Hartarto agar seluruh keputusan untuk menangani COVID-19 dihasilkan dari koordinasi yang erat antara seluruh pihak.

"Kami dari satgas telah memenuhi keinginan ketua komite untuk selalu menjaga hubungan dan melakukan koordinasi," ujar Doni.

#Corona   #covid-19   #psbb   #jakarta