Anies Apresiasi Kedubes Inggris Bantu Tangani Covid di Jakarta

Sammy
Anies Apresiasi Kedubes Inggris Bantu Tangani Covid di Jakarta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Jakarta, HanTer - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi upaya penanganan Covid-19 yang dilakukan Kedutaan Besar Inggris untuk Indonesia di Ibu Kota. Salah satu penanganan yang dilakukan Kedubes Inggris adalah pembuatan platform LaporCovid-19.

Dengan adanya program kerjasama peningkatan platform data informasi terkait Covid-19 ini, kata Anies, penanganan yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta akan semakin berkembang. Soalnya data-data tersebut nantinya dapat digunakan sebagai acuan dalam pengambilan kebijakan terkait pengendalian Covid-19 di Jakarta.

"Kami perlu berkolaborasi dengan semuanya, dan adanya kemauan untuk membuka pikiran serta mempelajari hal baru. Apalagi ini adalah pandemi jenis baru, dan di zaman modern ini tidak banyak yang berpengalaman dalam merasakan pandemi," kata Anies saat peluncuran platform LaporCovid-19 secara virtual melalui aplikasi Zoom, Kamis (3/9/2020).

Anies mengatakan, dukungan pendanaan sebesar Rp987 juta dari Kedubes Inggris melalui plartform LaporCovid-19 muncul karena adanya ide bagus untuk menangani Covid-19. Soalnya mengembangkan data Indeks Kerentanan Pandemi, sehingga bisa menjadi salah satu instrumen kunci pemerintah dalam mengeluarkan kebijakan berkaitan Covid-19.

Sementara itu Ketua Tim LaporCOVID-19, Irma Hidayana mengapresiasi kelengkapan data DKI Jakarta terkait Covid-19. Diharapkan proyek yang diluncurkan dapat meningkatkan kapabilitas serta detail data di masa mendatang.

"DKI Jakarta adalah salah satu provinsi yang paling progresif dalam aspek transparansi dan kelengkapan data Covid-19. Provinsi ini memiliki data Covid-19 yang mendetil," kata Irma.. 

Dana Rp987 Juta 

Dubes Inggris untuk Indonesia dalam mengembangkan platform LaporCovid-19 menyuntikan dana Rp987 juta dalam pembuatan platform LaporCovid.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins mengatakan, duit sebanyak itu juga digunakan untuk tata kelola data. Dukungan ini bisa mempermudah kolaborasi tata kelola data dengan pemerintah daerah, sehingga penanganan Covid-19 di Jakarta bisa dilakukan dengan cepat dan terintegrasi.

"Jadi, dukungan dapat membantu dalam pelibatan-pelibatan penting dalam Covid-19," kata Jenkins saat peluncuran platform LaporCovid-19 secara virtual melalui aplikasi Zoom pada Kamis (3/9/2020).

#Corona   #covid-19   #psbb   #jakarta