Polisi Rekonstruksi 44 Adegan Kasus Penembakan Pengusaha

Danial
Polisi Rekonstruksi 44 Adegan Kasus Penembakan Pengusaha
Wadirkrimum Polda Metro Jaya AKBP Jean Calvijn Simanjuntak

Jakarta, HanTer - Jajaran Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi pembunuhan pengusaha Sugianto (51) di Polda Metro Jaya dan di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Dalam 44 adegan rekonstruksi tersebut, polisi menghadirkan 12 tersangka termasuk Nur Luthfiah (NL) selaku pegawai juga sebagai otak pembunuhan.

NL memberikan uang Rp 200 juta ke suami sirinya, Ruhiman, sebagai biaya merancang penembakan di Kelapa Gading. Hal itu merupakan adegan keempat dalam rekonstruksi.

Tampak para pelaku pembunuhan melakukan pertemuan di salah satu lokasi. Dalam pertemuan tersebut, turut hadir Nur Luthfiah setelah dihubungi oleh salah satu pelaku.

Wadirkrimum Polda Metro Jaya AKBP Jean Calvijn Simanjuntak mengatakan, peran pertama adalah penggagas yang menginisiasi terjadinya pembunuhan perencana yaitu tersangka NL.

“Kemudian peran yang kedua adalah tim supporting yang membawa, mengantar senjata dan ikut rapat persiapannya. Lalu peran yang ketiga, adalah tim eksekutor di lapangan, tadi sudah dilihat dan ditampilkan bagaimana pelaku mengeksekusi korban,” ucap Calvin, Selasa (25/8/2020).

Usai melakukan penembakan, para pelaku menerima hasil. Dalam rekonstruksi tersebut, terungkap adegan saat penyerahan senjata api ke eksekutor pembunuhan.

“Pasca eksekusi yaitu membagikan hasil maupun upah dari eksekusi itu sendiri,” tutur Jean Calvin.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan sebanyak 44 adegan diperagakan dalam rekonstruksi tersebut. Adegan eksekusi dilakukan di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

“Ada 3 bagian, pertama bagaimana para pelaku merencanakan. Kedua eksekusi di Kelapa Gading, dan ketiga pasca eksekusi tersebut. Jadi total adegan rekonstruksi ada 44,” jelas Yusri.