BPJAMSOSTEK Ceger Berikan Bantuan Masker Disela Sosialisasi Program

Arbi
BPJAMSOSTEK Ceger Berikan Bantuan Masker Disela Sosialisasi Program

Jakarta, HanTer - BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Jakarta Ceger menggelar sosialisasi program dan manfaat Jaminan Sosial Ketenagakerjaan kepada petugas Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (PJLP) di Kantor Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Timur, Selasa (21/7/2020).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Timur, Herwansyah, S.KM, M.Si dan Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Ceger, Dani Santoso, serta dihadiri puluhan petugas PJLP.

“Kita harapkan kegiatan ini membuat petugas PJLP di Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Timur memahami besarnya manfaat program dari kepesertaan BPJAMSOSTEK. Karena selama ini banyak sekali pertanyaan, baik yang langsung ke saya pribadi maupun tidak terkait manfaat yang diterima oleh petugas PJLP,” kata Herwansyah, dalam kegiatan tersebut.

Herwansyah mencontohkan sejumlah pertanyaan yang muncul, yaitu terkait jenis santunan, proses klaim, hingga rumah sakit yang melayani peserta BPJAMSOSTEK. “Apakah peserta bisa ke rumah sakit swasta atau hanya khusus dilayani di rumah sakit milik pemerintah? Dan masih banyak teknis program dan manfaat yang belum diketahui petugas PJPL. Karena itu kegiatan ini kita harapkan dapat memberikan pencerahan,” ucap Herwansyah.

Herwansyah memaparkan, petugas PJLP yang hadir dalam kegiatan sosialisasi kali ini baru mencakup sekitar 10 persen dari total 1.423 petugas PJLP di Sudin Lingkungan Hidup Jaktim.

“Sekarang baru 10 persennya yang dihadirkan, karena dengan kondisi semacam ini, kita tidak boleh mengumpulkan orang banyak, itu protokol Covid-19. Wajib jaga jarak, pakai masker, dan cuci tangan. Alhamdulillah, dengan keterbatasan kegiatan ini bisa terlaksana. Tentu saya berharap sosialisasi ini ke depan terus berlanjut. Kita imbau juga agar informasi dalam kegiatan ini dapat disebarluaskan kepada rekan-rekan PJLP lainnya,” kata dia.

Lebih lanjut, Herwansyah juga mengapresiasi respons BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Jakarta Ceger yang cepat dan pro aktif dalam membantu proses klaim petugas PJLP selama ini. “Pengalaman pengajuan klaim sangat mudah dan cepat, apalagi jika datanya lengkap. Terkadang yang lama itu misalnya ahli waris peserta berada di daerah, ini yang membutuhkan waktu,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Ceger, Dani Santoso memastikan seluruh petugas PJLP peserta BPJAMSOSTEK bisa mendapatkan pelayanan di rumah sakit swasta maupun milik pemerintah.

Untuk kasus kecelakaan kerja, BPJAMSOSTEK juga telah bekerjasama dengan 616 rumah sakit yang memiliki Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK). “Semua peserta mendapatkan pelayanan yang sama, mau pejabat ataupun pekerja biasa, baik dalam pelayanan pengobatan, perawatan maupun proses rehabilitasi hingga sembuh atau bisa kembali bekerja,” ungkapnya.

Dani menuturkan, jaminan sosial ketenagakerjaan yang dikelola oleh BPJAMSOSTEK ini merupakan bentuk kehadiran negara dalam melindungi seluruh pekerja di Tanah Air. Pentinya perlindungan ini tidak hanya berlaku bagi peserta secara langsung tetapi juga kepada keluarga peserta itu sendiri.

“Musibah terjadinya suatu musibah, tidak ada yang bisa menolak. Tetapi bagaimana musibah itu tidak menjadi beban peserta maupun keluarganya, ya melalui program jaminan sosial ini. Selain itu, tujuannya adlh jika sudha ada jmainan, kerja jd lebih tenang, tidak ada kekhawatiran jika terjadi kecelakaan bagaimana biayanya. Jaminan ini ditanggung mulai dari saat berangkat bekerja hingga kembali lagi ke rumah. Tidak ada asuransi sejenis BPJAMSOSTEK, dengan iuran sangat murah tp manfaatnya begitu besar,” bebernya.

Dalam kesempatan itu, Dani Santoso secara simbolis menyerahkan bantuan berupa 250 masker bagi petugas PJLP sebagai bentuk kepedulian BPJAMSOSTEK dan dukungan terhadap program pengendalian Covid-19. “Bantuan hari ini 250 masker. Jika ditotal sejak awal pandemi Covid-19, BPJAMSOSTEK Cabang Ceger sudah menyalurkan hampir 5.000-an masker dan obat-obatan ke berbagai pihak,” jelas Dani.