KOPEL Siap Dampingi Warga dari Tagihan Naik PDAM Kota Bogor

Safari

Jakarta, HanTer - Dalam beberapa hari ini, sejumlah warga Kota Bogor, Jawa Barat yang merupakan pelanggaan dari PDAM Kota Bogor mengeluhkan adanya kenaikan pembayaran yang tidak wajar. Kenaikan ini bahkan mencapai 1000% dari pembayaran bulan lalu.

 

Warga di Perumahan Bogor View 2 misalnya mengalami kenaikan tagihan.  Bahkan ada rumah yang sudah kosong dalam beberapa bulan terakhir masih dikenakan biaya pembayaran sekitar Rp500 ribu. Sebagian warga tersebut sudah mendatangi Kantor PDAM Kota Bogor namun belum puas dan tidak mendapatkan solusi.

 

Direktur Komite Pemantau Legislatif (KOPEL) Bogor, Muhdasin menyampaikan, komplain warga  sangat wajar dan harus dilakukan karena memang benar ada kenaikan yang tidak wajar. Bahkan ada warga yang mendapatkan tagihan hingga Rp 2 juta yang sebelumnya rata-rata hanya membayar  Rp 100 ribu.

 

"Sekilas mungkin ini bisa disebut kelalaian PDAM, tapi khawatir ini merupakan modus yang disengaja karena kesimpulan sementara kami setelah meneliti bukti pembayarannya bahwa sistem penghitungan pembayaran yang seharusnya bekerja secara otomatis namun dihitung secara manual sehingga banyak keterangan yang rancu di dalamnya," jelas Muhdasin dalam keterangannya, Jumat (10/7/2020).

 

Atas kenaikan tagihan yang tidak wajar itu, sambung Muhdasin, maka KOPEL Bogor siap mendampingi warga. Saat ini KOPEL juga membuka pengaduan dan mengajak warga untuk menggunakan saluran pengaduan seperti LAPOR SPAN, pengaduan PDAM, YLKI, dan ombudsman atau bersama-sama dengan KOPEL melakukan pengaduan bersama.

 

"KOPEL sendiri bersama dengan Masyarakat Peduli Pelayanan Publik (MP3) akan mengadvokasi kasus ini," jelasnya.

 

Sementara ini sebagian warga sudah mendatangi Kantor PDAM Kota Bogor untuk mengajukan komplen dan rencana akan membuat forum perlindungan konsumen. KOPEL sendiri sudah melakukan pengaduan lewat LAPOR SPAN, kanal pengaduan nasional yang dikelolanl Kantor Sekretariat Presiden (KSP) dan rencananya akan bersama warga mengadu ke Ombudsman RI dan juga akan membawa masalah ke DPRD Kota Bogor.

 

Hingga berita ini ditulis masih menunggu konfirmasi dari PDAM Kota Bogor.

#Kopel   #pdam   #bogor