PT Turacon Wirasta Semprot Disinfektan Pemukiman di Cipinang Selatan

Safari
PT Turacon Wirasta Semprot Disinfektan Pemukiman di Cipinang Selatan
(Ist)

Jakarta, HanTer - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah melakukan pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sejak 4 Januari lalu. Namun kebijakan tersebut tidak berlaku di 66 RW yang berstatus zona merah penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Pada zona tersebut menerapkan Wilayah Pengendalian Ketat (WPK). Satu di antaranya di RW 02 Cipinang Besar Selatan (CBS), Jakarta Timur. Di RW 02 CBS memberlakukan pembatasan sosial berskala lokal (PSBL).

Tokoh masyarakat RW 02 CBS yang juga pemilik PT Turacon Wirasta Zainal Arifin menuturkan, kegiatan penyemprotan disinfektan dilakukan di 15 RT di wilayah RW 02 CBS, Minggu (7/6/2020). Kegiatan yang menyasar rumah milik warga dan fasilitas umum seperti sekolah, pasar dan tempat ibadah ini dilakukan oleh petugas dari PT Turacon Wirasta dibantu petugas RT, RW dan Kelurahan CBS.

"Kegiatan ini kami percepatan agar RW 02 segera menjadi zona hijau. Kegiatan ini sebagai bentuk bantuan sosial (Bansos) kami kepada warga di RW 02 CBS," kata Zainal Arifin di Jakarta, Minggu (7/6/2020).

Zainal menyebutkan, sedikitnya ada 20 petugas diterjunkan dengan mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap dari helmet hingga masker. Warga di RW 02 sejak pagi juga mengikuti cek kesehatan dengan alat pengukur suhu.

"Kami optimistis pelaksanaan PSBL ini bisa mempercepat RW 02 menjadi zona kuning dan kemudian menjadi zona hijau," tegasnya.

Zainal mengungkapkan, kegiatan penyemprotan disinfektan akan dilakukan secara bertahap. Dengan melakukan evaluasi secara berkala. "Kami akan melakukan pengecekan satu pekan kemudian, untuk menentukan langkah dan penyemprotan disinfektan lagi," ujarnya.

Ia menambahkan, data terakhir ada dua orang warga CBS yang dinyatakan positif Covid-19. Kendati tidak ditemukan kasus meninggal karena Covid-19, RW 02 CBS ditetapkan satu dari 66 RW dengan status zona merah Covid-19. "Semua RT akan memantau dan mendata warga yang terinfeksi Covid-19. Data ini jadi pedoman kami untuk melakukan penyemprotan disinfektan lagi," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Lurah Cipinang Besar Selatan Farida menyambut baik kegiatan penyemprotan disinfektan yang dilakukan PT Turacon. Kegiatan bansos tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah RW 02 CBS. "Kegiatan ini sangat kami apresiasi, karena PT Turacon masih memperhatikan lingkungan di RW 02," ujarnya.

Ia menuturkan, sebelumnya PT Turacon Wirasta telah melakukan kegiatan penyemprotan di wilayah RW 02 CBS sebagai ditetapkan sebagai zona merah Covid-19. Ia menambahkan, terkejut dengan penetapan RW 02 masuk dalam zona merah Covid-19.

"Kami sekali lagi berterima kasih kepada Zainal Arifin yang peduli terhadap lingkungannya. Bantuan ini semoga bisa merubah RW 02 menjadi zona hijau. Kami imbau kepada warga tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19," katanya. (Safari)