DPRD DKI Minta Anies Mulai Pikirkan Dampak Ekonomi Akibat Pandemi Covid-19

Sammy
DPRD DKI Minta Anies Mulai Pikirkan Dampak Ekonomi Akibat Pandemi Covid-19

Jakarta, HanTer - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Zita Anjani, mengapresiasi kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait penerbitan Peraturan Gubernur (Pergub) Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Nomor 47 tahun 2020 Tentang Pembatasan Kegiatan Berpergian Keluar dan/atau Masuk Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Menurut dia, sikap itu menunjukkan Anies tegas dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona di wilayah Ibu Kota. Sehingga, pelaksanaan Pergub Nomor 47 tahun 2020 harus dijalankan secara maksimal agar kasus baru Covid-19 bisa segera menurun.

"Pak Gubernur Anies sayang sama warga Jakarta, (kebijakan Pergub Nomor 47 tahun 2020), demi kebaikan bersama," kata Zita di Jakarta, Senin (18/5/2020).

Meski begitu, Politikus PAN itu meminta Anies untuk mulai memikirkan dampak krisis ekonomi akibat pandemic Covid-19. Dirinya berharap, setelah lebaran nanti mulai ada kebijakan baru berupa pelonggaran aturan.

"Saya pesan, Pak Anies jangan terlalu lama, habis lebaran sudah bisa mulai kita buka ekonomi, perlahan pikirkan juga nasib warga dengan ekonomi rentan miskin. Akan semakin banyak warga Jakarta jatuh ke kemiskinan," ujarnya.

Sebelumnya, Anies mengaku belum memiliki rencana untuk melonggarkan aturan pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di wilayah Ibu Kota. Hal itu bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19

"Di Jakarta sendiri PSBB masih berlaku dan tidak ada kebijakan pelonggaran, tidak ada kebijakan membolehkan aktivitas seperti sebelum PSBB," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Jumat 15 Mei 2020.

Mantan Mendikbud itu menyebut sejak awal Pemprov DKI sudah amat serius dalam menanggulangi penyebaran Covid-19. Oleh sebab itu, momentum sekarang ini harus dimanfaatkan untuk tetap di rumah dan menghindari aktivitas yang bisa memancing kerumunan orang.

"Kita sekarang ini di fase yang amat menentukan sejak bulan Maret kita mengurangi kegiatan. Alhamdulillah nanti kami akan sampaikan dalam kesempatan lain, perkembangannya positif tapi kita harus menuntaskan beberapa waktu lagi," ujarnya.

#Corona   #covid-19   #psbb   #jakarta