Pastikan Kondisi Aman, Kapolres Majalengka Kunjungi Pos Check Point  

Romi
Pastikan Kondisi Aman, Kapolres Majalengka Kunjungi Pos Check Point  
KApolres Majalengka saat check point/ ist

Majalengka, HanTer – Guna memastikan keamanan dan kenyamanan di wilayahnya, Kapolres Majalengka, AKBP Dr. Bismo Teguh Prakoso didampingi Pejabat Utama Polres mengunjungi Pos Check Point Perbatasan terjauh di Kabupaten Majalengka.

Pos Check Point tersebut berada di perbatasan Majalengka-Kuningan, Majalengka-Ciamis dan Majalengka-Sumedang, wilayah Polsek Cikijing, Polsek Malausma serta Polsek Lemahsugih Polres Majalengka.

Pengecekan dilakukan orang nomor satu di Polres Majalengka Polda Jawa Barat ini guna memastikan kesiapsiagaan personil dalam melaksanakan tugas Pos Check Point dan Ops Ketupat Lodaya 2020. 

“Operasi Ketupat digelar Polri setiap tahun sebagai upaya terpadu pengamanan mudik lebaran,” terang Bismo, Kamis (7/5/2020).

Namun untuk tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan Indonesia tengah menghadapi pandemi Covid-19.

“Sehingga sejumlah kebijakan langsung diambil untuk mencegah penyebaran Covid-19 agar tidak semakin meluas,” paparnya.

Menurutnya Operasi Ketupat yang biasanya digelar menjelang Lebaran hingga sepekan setelah Lebaran, kini dimulai sejak hari pertama Ramadhan 2020 atau pada 24 April hingga 30 Mei mendatang. “Jadi selama 37 hari,” urai Bismo.

Sementara itu, Pos Check Point diperbatasan wilayah Kabupaten Majalengka juga difungsikan untuk pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sekaligus penyekatan kendaraan yang hendak mudik.   

“Larangan mudik sudah tertuang dalam Permenhub Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid–19,” ungkap Bismo.

Dengan adanya aturan itu, lanjutnya, masyarakat diimbau untuk menunda kegiatan mudik, setidaknya sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan. 

“Kami menghimbau warga untuk tidak mudik demi kebaikan bersama dalam memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19,” sambungnya.

Di akhir kunjungannya, Bismo memberikan taliasih kepada petugas di posko sekaligus menyemangati mereka.

“Kepada petugas posko, tetap semangat, jaga solidaritas antar instansi terkait dalam pelaksanaan tugas dan layani masyarakat pengguna jalan dengan humanis,” tambahnya.