Jelang PSBB, Satpol PP Terjunkan Ratusan Personel Gelar Operasi Peduli Keselamatan

Sammy
Jelang PSBB, Satpol PP Terjunkan Ratusan Personel Gelar Operasi Peduli Keselamatan
Petugas Satpol-PP melakukan sosialisasi kepada masyarakat ibukota jelang diberlakukannya PSBB

Jakarta, HanTer - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta menggelar Operasi Peduli Keselamatan yang dilaksanakan secara serentak di semua wilayah Jakarta, Kamis (9/4/2020) malam. Operasi tersebut dilaksanakan sehubungan dengan mulai diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada Jumat (10/4/2020).

Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Arifin mengatakan, Operasi Peduli Keselamatan, menyasar tempat-tempat keramaian atau lokasi kerumunan warga. Dalam operasi ini, pihaknya menerjunkan ratusan personel.

Kegiatan ini, lanjutnya, dilaksanakan diantaranya dalam rangka memberi penekanan kepada masyarakat agar tidak melakukan aktivitas di luar rumah. Terlebih, jika tidak ada keperluan yang mendesak.

"Kami mengajak warga untuk diam dan beraktivitas di rumah. Bahkan, bekerja saja sudah diarahkan di rumah. Sementara untuk kebutuhan belanja, warga bisa melakukannya melalui sistem online," ujarnya saat melakukan operasi di kawasan Pecenongan, Jakarta Pusat.

Ia juga meminta, lokasi usaha yang tidak termasuk pengecualian dalam peraturan PSBB agar segera menutup tempatnya. Sedangkan, pedagang kaki lima atau usaha kecil diimbau tidak menyediakan layanan makan di tempat, tapi untuk dibawa pulang.

"Prihal melayani para pelanggan harus dilakukan dengan proses take away," terangnya.

Arifin menambahkan, personel juga mengingatkan agar warga yang beraktivitas di luar rumah agar menggunakan masker, tetap menjaga jarak aman dalam berinteraksi, dan menjaga kebersihan serta kesehatan diri dengan rajin mencuci tangan serta giat berolahraga.

"Kami imbau warga menggunakan masker saat berada di luar rumah. Ini penting untuk keselamatan dirinya dan orang lain," tandasnya.