Anies Siapkan Layanan Antar Kebutuhan Pokok Warga Pakai Ojol

Sammy
Anies Siapkan Layanan Antar Kebutuhan Pokok Warga Pakai Ojol
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Jakarta, HanTer - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyiapkan layanan antar kebutuhan pokok untuk warganya memakai jasa ojek online. Hal ini dilakukan menyusul kebijakan physical distancing (jaga jarak) akibat wabah virus corona (Covid-19).

Perumda Pasar Jaya selaku Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta yang bertugas mengelola pasar ditunjuk untuk memfasilitasi warganya memakai jasa layanan ini.

"Kami membuat sebuah program, yang insya Allah semua masyarakat dapat memanfaatkannya untuk belanja secara jarak jauh. Jadi masyarakat di Jakarta dapat membeli kebutuhannya di pasar dengan secara langsung menelpon setiap pedagang di pasar tersebut," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Hal itu dikatakan Anies saat jumpa pers di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat pada Selasa (31/3/2020) petang. Anies mengatakan, masyarakat dapat mengetahui pasar-pasar yang membuka layanan tersebut dengan mengakses akun media sosial Instagram Perumda Pasar Jaya.

Melalui akun tersebut, Perumda Pasar Jaya mengumumkan sekitar 80 pasar yang membuka layanan antar kebutuhan pokok ke permukiman warga. Melalui postingannya, Perumda Pasar Jaya memajang nama pedagang beserta nomor kontaknya untuk memudahkan pesanan bagi calon pembeli.

"Di situ ada pilihan-pilihan, misalnya Pasar Rumput. Di situ ada daftar nama-nama pedagang di sana dan nomor teleponnya, sehingga keluarga di Jakarta tidak perlu pergi meninggalkan rumah," ujar Anies.

"Mereka bisa menelpon pedagang, lalu membeli dan nanti akan dikirim menggunakan jasa pengantaran ojek online," tambahnya.

Menurut dia, sistem pengantaran memakai jasa ojek online sudah dikoordinasikan dengan Perumda Pasar Jaya. Bahkan sebetulnya, sistem ini sudah diterapkan lebih dari 50 pasar yang ada di Jakarta sejak beberapa waktu terakhir.

"Jadi kebutuhan pokok warga Jakarta, Insya Allah bisa tetap terpenuhi tanpa mereka bepergian. Cukup dengan menghubungi pedagang secara langsung," ungkapnya.

Menawar Harga

Perumda Pasar Jaya memastikan calon pembeli tetap bisa menawar harga kepada pedagang pasar, meski pihaknya membuka layanan antar sembako memakai jasa ojek online (Ojol). Bedanya, transaksi antara pembeli dan pedagang tidak terjadi secara langsung, melainkan melalui telepon dan via transfer rekening milik pedagang.

"Prosesnya tetap terjadi jual-beli dan tetap terjadi tawar menawar, kemudian fungsi pengantaran dilakukan ojek online," kata Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin di Balai Kota DKI pada Selasa (31/3/2020).

Arief mengatakan, pihaknya telah menjaring pedagang-pedagang yang senantiasa nomor telepon selulernya selalu aktif. Hal ini dilakukan agar calon pembeli mudah menghubungi mereka untuk memesan sembako yang dibutuhkan.

#Corona   #covid-19   #kebutuhanpokok   #pangan   #sembako   #ojek   #ojol   #anies