Terjun ke Masyarakat, PDIP Jaksel Gelar Gotong Royong Lawan Corona

Sammy
Terjun ke Masyarakat, PDIP Jaksel Gelar Gotong Royong Lawan Corona
Kader PDIP memberikan alat proteksi warga

Jakarta, HanTer - Kader DPC PDI Perjuangan Jakarta Selatan dipimpin langsung oleh Ketua DPC PDI Perjuangan DKI jakarta, Yuke Yurike, bergotong royong melawan Virus Corona. Hal tersebut diwujudkan dengan menggelar berbagai kegiatan mulai dari penyemprotan disinfektan hingga pembagian pamflet pencegahan Corona serentak di berbagai lokasi yang dianggap rawan terpapar virus, pada hari Minggu (29/3/2020).

Kegiatan tersebut juga dilakukan serentak di 5 wilayah DKI Jakarta dan dipimpin langsung oleh Ketua DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta, Ady Wijaya.

Adapun fokus pengerjaan dilakukan di 3 (tiga) kecamatan, yakni Kel. Pejaten Timur Kec. Pasar Minggu, Kel. Lenteng Agung Kec. Jagakarsa, dan Kel. Menteng Dalam Kec. Tebet. Selanjutnya, lokasi lain pun akan didatangi untuk dilakukan penyemprotan dan tindakan lainnya sampai wabah berakhir.

Kerja turun ke warga secara serentak pada hari ini, kata Ketua DPC PDI Perjuangan DKI jakarta, Yuke Yurike, adalah perpanjangan dari kegiatan penyemprotan, bagi-bagi brosur dan hand sanitizer di kampung-kampung padat yang sudah dilakukan satu minggu terakhir di berbagai kelurahan.

"Intinya hari ini serentak di beberapa wilayah dari minggu lalu sampai ke depan siap di wilayah-wilayah yang memerlukan. Yang dilakukan: semprot disinfektan, bagi-bagi hand sanitizer, pamflet pencegahan Corona, bagi masker dan bantuan gotong royong lainnya, sekaligus menghimbau masyarakat bagaimana mencegah virus Covid19 semakin meluas dan mengajak masyarakat berpikir positif bahwa ini bisa dilawan dengan menjaga imunutas dan disiplin diri,” kata Ketua DPC PDI Perjuangan Jakarta Selatan Yuke Yurike, Minggu (29/3/2020).

Adapun lokasi yang sudah dijangkau oleh DPC PDIP Jakarta Selatan hingga hari Minggu ini adalah:

1. Kel. Pondok Labu, Gandaria Selatan, Cipete Selatan, Cilandak Barat, Lebak Bulus (Kec. Cilandak)

2. Kel. Bangka, Tegal Parang, Pela Mampang, Kuningan Barat (Kec. Mampang Prapatan)

3. Kel. Rawajati, Pengadegan, Cikoko (Kec. Pancoran)

4. Kel Srengseng Sawah (Kec Jagakarsa)

Dalam menjalankan berbagai kegiatan ini termasuk penyemprotan, DPC PDI Perjuangan Jakarta Selatan berkoordinasi dengan Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) setempat melalui Pengurus Anak Ranting (PAC), dan Pengurus Ranting (PR), dengan tujuan agar tepat sasaran dengan proritas wilayah yang belum dilakukan penyemprotan disinfektan.

"Upaya preventif dengan penyemprotan disinfektan, penerapan jaga jarak (social distancing) dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) akan terus disosialisasikan secara aktif kepada seluruh warga," ucap Yuke.

Tidak hanya itu, DPC juga melakukan sosialisasi terkait pencegahan penyebaran Corona dengan membagikan brosur, masker dan hand sanitizer secara bergotong royong. Segenap pengurus Partai mempersiapkan alat semprot termasuk cairannya beserta baju pelindung bagi petugas semprot, pembuatan cairan sabun tangan sekaligus mengemas dalam botol-botol kecil di kantor partai, mengupayakan masker, dan mencetak brosur dalam jumlah banyak.

"Di kantor DPC juga kita buat posko. Sehingga yang perlu bantuan bisa koordinasi penjadwalan ke posko," ujar Yuke.

Adapun pengadaan perlengkapan tersebut di atas, kata Yuke, bukanlah hal yang mudah mengingat terjadinya kelangkaan stok barang-barang tersebut. Namun DPC PDI Perjuangan Jakarta Selatan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak, sehingga barang-barang tersebut dapat didistribusikan secara langsung ke warga melalui para pengurus Partai.

"Dalam hal ini kita memilih jalan gotong royong, karena kita yakin dengan bergotong royong, maka ikatan persaudaraan kita sebagai satu bangsa akan semakin kuat. Berkaca pada keberhasilan China dan beberapa negara lain menghadapi wabah Corona, maka bahu-membahu antara warga, partai politik, pemerintah dan segenap civil society menjadi kunci keluar dari krisis ini. PDI Perjuangan sendiri selalu sigap dalam berbuat sesuatu menghadapi apapun baik masa kampanye atau jaman sulit dan bahaya seperti ini," ucap Yuke.

Yuke menambahkan, pihaknya juga mengajak masyarakat untuk ikut serta melawan wabah Corona COVID-19 dengan menerapkan pola hidup sehat.

"Karena COVID-19 ini bisa sembuh dan bisa dilawan dengan imun yang baik, jaga jarak, rajin cuci tangan dan menjalankan arahan pemerintah lainnya," tutur Yuke menambahkan.


Serentak di Lima Wilayah Jakarta

Sementara itu Ketua DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta Adi Wijaya mengatakan, penyemprotan ini dilakukan secara serentak di 33 titik yang tersebar di lima wilayah Jakarta dan satu di Kabupaten administrasi Kepulauan Seribu. Dia berharap, masyarakat Jakarta dapat terhindar dari virus mematikan ini karena sangat merugikan.

"Kita ini sebetulnya lagi perang melawan virus yang tak kasat mata. Kita harus berjuang melawan mereka, caranya hidup bersih, jaga pola makan dan istirahat yang cukup agar imun kita kuat," kata Adi.

Menurut dia, penyemprotan ini bakal dilakukan selama sebulan penuh dengan jadwal sepekan tiga kali. Dengan demikian, potensi penyebaran virus di benda-benda milik masyarakat dapat ditanggulangi.

"Selain penyemprotan dan flyer, kami juga menyalurkan bantuan berupa masker masing-masing 6.000 di wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Jakarta Barat. Kemudian masing-masing 5.000 di Jakarta Pusat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu," imbuhnya.

Diketahui, hal tersebut juga dilakukan serentak di 5 wilayah DKI Jakarta dan dipimpin langsung oleh Ketua DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta, Ady Wijaya. Sebagai wujud pertanggungjawaban sosial PDI Perjuangan sebagai Partai Nasionalis berazaskan Pancasila 1 Juni, serta wajib menjadi garda terdepan dalam memastikan keselamatan hidup bangsa dan negara.

Terkhusus, saat bangsa ini sedang dilanda wabah yang mematikan dan menggoyahkan sendi kehidupan.