Orang Tua Rentan COVID-19, Anak Muda Diminta Batasi Interaksi

Sammy
Orang Tua Rentan COVID-19, Anak Muda Diminta Batasi Interaksi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menyampaikan update COVID-19 di Jakarta (ist)

Jakarta, HanTer - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta kepada anak muda untuk sementara waktu menghindari bersalaman dengan orang lanjut usia (Lansia) di tengah mewabahnya virus corona (Covid-19). Mengingat, sebanyak 59 persen pasien Covid-19 yang meninggal adalah lansia.

"Data di kita hari ini menunjukan bahwa 59 % dari yang meninggal usia di atas 60 tahun. Artinya ini kelompok paling rentan, saya meminta semua keluarga untuk melindungi orang tua," kata Anies di Balaikota DKI, Jakarta Pusat, Senin (23/3/2020).

Menurutnya, salah satu cara terbaik untuk tak tertular penyakit asal Wuhan, China itu adalah dengan tidak melakukan kontak fisik dengan para lansia.

"Ini untuk sementara waktu sampai wabah Covid-19 ini selesai," ujarnya.

Berdasarkan data dari situs corona.jakarta.go.id, warga Ibu Kota yang dinyatakan positif Covid-19 kian bertambah menjadi 356 orang pada Senin (23/3/2020).

Dari jumlah 356 pasien itu yang masih dirawat di rumah sakit sebanyak 221 orang, 31 meninggal, 82 menjalani isolasi mandiri dan 22 lainnya sudah dinyatakan sembuh. Dalam informasi yang ada di laman itu juga terhitung sebanyak 432 warga masih menunggu hasil laboratorium.