Dukung Pembelajaran dari Rumah; Disdik DKI Gandeng Komunitas Penggerak Pendidikan

sammy
Dukung Pembelajaran dari Rumah; Disdik  DKI Gandeng Komunitas Penggerak Pendidikan

Jakarta, HanTer - Dinas Pendidikan DKI Jakarta, berkolaborasi dengan Sekolahmu dan komunitas/organisasi pendidikan, serta penggerak pendidikan dari berbagi latar belakang di jaringan Semua Murid Semua Guru, yang menyediakan 15 program untuk mendukung pembelajaran dari rumah di berbagai daerah, termasuk Jakarta. Hal ini sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Nahdiana mengungkapkan, 15 program tersebut adalah program belajar yang tersedia setiap hari untuk setiap jenjang.

Yaitu, PAUD (usia 2 – 3 tahun), PAUD (usia 3 - 4 tahun), TK (usia 4 - 6 tahun), 6 program untuk masing-masing jenjang SD kelas 1 sampai 6, 3 program untuk masing-masing jenjang SMP kelas 7 sampai 9, 3 program untuk masing-masing jenjang SMA Kelas 10 sampai 12.

"Program ini memandu orang tua dan guru dari siswa PAUD, TK, SD, SMP, dan SMA dalam menjalankan kegiatan belajar di rumah. Dengan tetap mengacu pada pencapaian peningkatan kompetensi anak sesuai jenjang dan tahap perkembangannya, program ini telah dikurasi oleh tim khusus perancang pembelajaran untuk memberikan pengalaman belajar yang berkualitas dan menyenangkan bagi anak setiap hari," katanya di Jakarta, Selasa (17/3/2020).

Program ini, disediakan gratis dan dapat diakses untuk guru, orang tua, dan anak melalui platform www.sekolah.mu dan aplikasi Sekolahmu di android. Kelima belas program pembelajaran per jenjang tersebut juga akan didistribusi setiap hari melalui WhatsApp dan media sosial yang lain.

Selain itu, dalam kolaborasi Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Sekolahmu dan Semua Murid Semua Guru ini, juga menyediakan layanan Belajar Live!, yaitu pengajaran waktu nyata yang dilakukan dari hari Senin-Jumat pukul 08.00-14.00WIB.

Adapun Belajar Live! ini difasilitasi oleh guru-guru dari Komunitas Guru Belajar Nusantara, profesional dari jaringan Semua Murid Semua Guru, dan juga Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

Jadwal dan kegiatan Belajar Live! ini dapat diakses gratis melalui tautan www.sekolah.mu/tanpabatas. Untuk turut berkolaborasi mendukung tujuan ini, Telkomsel dan Indosat juga memberikan bebas akses bagi siapa saja ke tautan tersebut agar dapat menikmati program-program belajar dalam Belajar Live! dari rumah.

Dinas Pendidikan DKI Jakarta juga mendorong dimanfaatkannya konten-konten pembelajaran daring yang tersedia, oleh orang tua dan siswa selama masa pembelajaran dari rumah. Di antaranya, Akses Rumah Belajar: https://belajar.kemdikbud.go.id, Akses Setara: https://setara.kemdikbud.go.id, Akses Rumah Belajar: https://emodul.kemdikbud.go., Akses Si Pintar: https://pilih.simak-dki.com, Akses Google G Suite for Education: https://blog.google/outreach-initiatives/education/offline-access-covid19/, Akses Microsoft Office 365: https://microsoft.com/id-id/education/products/office, Akses Sekolahmu: https://www.sekolah.mu/tanpabatas

Sementara itu, untuk memberikan alternatif cara belajar dari rumah, Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta juga melakukan siaran program belajar setiap hari melalui Radio Disdik DKI.