Lieus Sungkharisma Puji Langkah Anies Baswedan dan Sufmi Dasco Achmad Tangani Virus Corona

Safari
Lieus Sungkharisma Puji Langkah Anies Baswedan dan Sufmi Dasco Achmad Tangani Virus Corona

Jakarta, HanTer - Koordinator Forum Rakyat, Lieus Sungkharisma memuji langkah-langkah yang ditempuh Gubernur DKI, Anies Baswedan terkait penanganan sebaran virus Corona. Tak hanya terhadap Anies, Lieus juga mengapresiasi sikap tanggap Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Achmad yang berhasil mendapatkan buku panduan penanggulangan virus Corona langsung dari Republik Rakyat China.

 

“Mereka berdua itu benar-benar leader. Calon-calon pemimpin Indonesia masa depan yang benar-benar peduli pada rakyat dan memiliki sensitifitas tinggi terhadap problem yang dihadapi masyarakat,” ujar Lieus di Jakarta, Sabtu (14/3/2020).

 

Lieus menyebut, pujiannya pada kedua tokoh muda itu bukan asal njeplak. Karena fakta membuktikan, sebagai Gubernur DKI Jakarta Anies adalah orang pertama di Indonesia yang berani terang-terangan menyatakan Jakarta dalam keadaan siaga penyebaran virus Corona, sehingga  menyiapkan segala sesuatu untuk mengantisipasinya.

 

Sedangkan Dasco, dengan hubungan internasionalnya yang cukup baik selaku Wakil ketua DPR RI, ia berhasil mendapatkan buku panduan bagaimana mengatasi virus Corona itu langsung dari Tiongkok. Karena di tengah kegalauan pemerintah terhadap berbagai isu terkait penyebaran virus corona yang mematikan itu, Anies Baswedan sejak awal menyebut sebaran virus corona tipe 2 yang menyebabkan penyakit covid-19 di Jakarta semakin meluas.

 

Bahkan Anies langsung melakukan pemetaan dan meminta agar pemerintah pusat memberikan wewenang kepada Pemprov DKI Jakarta untuk turut memeriksa orang dengan suspect virus corona. Apalagi saat ini pasien positif covid-19 di Indonesia paling banyak berada di Jakarta.

 

Dengan tegas Anies bahkan menyebut, bila BPJS tidak mau menanggulangi biaya pemeriksaan para suspect virus corona tersebut, Pemprov DKI siap mengatasi pembiayaannya. Hingga Jumat (13/3/2020), ada 69 kasus positif covid-19 di Indonesia. Dua di antaranya merupakan balita. Anies memprediksi, sebanyak 6 ribu orang akan terinfeksi virus corona dalam waktu dua pekan ke depan jika pemerintah tidak melakukan langkah lebih serius mencegah penyebaran virus tersebut.

 

"Sikap Anies yang cepat tanggap dan berani mengambil langkah-langkah antisdipasi itulah yang harus diapresiasi. Anies tidak cuma ngomong tapi langsung mengerahkan sumberdaya yang dimiliki Pemprov DKI untuk mengantisipasi penyebaran Virus yang menghebohkan dunia itu,” tegasnya.

 

Sedangkan Sufmi Dasco Achmad yang mendapatkan buku Panduan untuk penanggulan COVID-19 akan memberikan buku tersebut ke Kementerian Kesehatan RI untuk menjadi buku panduan bagi Pencegahan, Pemantauan, Diagnosa dan Manajemen terkait Virus Corona.

Sikap tanggap kedua tokoh itulah yang membuat Anies dan Dasco berbeda dengan pejabat lainnya.

 

“Terbukti keduanya tidak hanya memikirkan keselamatan diri sendiri. Keduanya benar-benar pemimpin yang peduli,” jelasnya.

 

Dalam konteks itu pula, Lieus sependapat dengan aktivis kemanusiaan Zeng Wei Jian yang meminta negara hadir untuk memberikan kepastian dan ketenangan agar masyarakat tidak panik dalam menghadapi virus corona.

 

“Sebagai aktivis kemanusiaan pernyataan Zeng itu sangat benar. Untuk mengatasi masalah virus corona ini agar tidak membuat panik rakyat, pemerintah memang harus melibatkan semua elemen bangsa dan membuka ruang komunikasi dengan berbagai pihak, termasuk dengan negara-negara yang berhasil menangani kasus virus corona ini,” ujarnya.