Belum Penuhi Syarat Pencalonan, Berkas Dua Cawagub DKI Dikembalikan 

sammy
Belum Penuhi Syarat Pencalonan, Berkas Dua Cawagub DKI Dikembalikan 

Jakarta, HanTer - Berkas syarat pendaftaran calon kedua calon wakil gubernur (cawagub) DKI dikembalikan oleh panitia pemilih (Panlih). Pasalnya, berkas yang diajukan kedua calon yakni Nurmansnyah Lubis yang diusung PKS dan Ahmad Riza Patria (ARP) belum memenuhi syarat.

"Kita ada 14 kriteria penilaian sebagai acuan verifikasi. Kalau nggak salah masing-masing hanya kurang dua," kata Ketua Panlih Wagub DKI Jakarta, Farazandi Fidiansyah di Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Menurutnya, untuk Nurmansjah Lubis hanya perlu melengkapi surat pernyataan kesediaan diangkat sebagai Wagub yang ditandatangai di atas materai dan surat keterangan hasil pemeriksaan kesehatan dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

Sedangkan Ahmad Riza Patria, harus melengkapi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) tahun 2019 dan surat keterangan pengunduran diri sebagai anggota DPR RI.

"Perbaikan sesuai tata tertib sudah kita jadwalkan maksimal 2 hari. Jadi dua hari kerja. Berarti Kamis dan Jumat besok,"pungkasnya.

Resmi Mundur

Disisi lain, mundurnya politikus Partai Gerindra Ahmad Riza Patria resmi dengan memberikan surat pengunduran diri ke DPR RI karena hendak maju sebagai cawagub DKI. Adapun Partai Gerindra tak mempersoalkan mengenai pengganti Riza di DPR.

"Kalau pengganti Riza sebagai anggota DPR sih soal gampang karena akan kita ambil dari Dapil Jabar III Kota Bogor, Kabupaten Cianjur sesuai ketentuan," ujar Jubir Gerindra, Habiburokhman di Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Riza diketahui sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi V DPR RI.