Sikapi Mekanisme Voting Tertutup, Bang Ancah Upayakan Tambah Dukungan Melalui Lintas Fraksi

Sammy
Sikapi Mekanisme Voting Tertutup, Bang Ancah Upayakan Tambah Dukungan Melalui Lintas Fraksi
Nurmansjah Lubis (ist)

Jakarta, HanTer - Kalangan DPRD DKI telah menyepakati mekanisme pemilihan Wakil Gubernur (Wagub) DKI melalui voting tertutup.

Menurut Cawagub dari PKS, Nurmansjah Lubis, baik pemilihan tertutup maupun terbuka keduanya memiliki prinsip yang sama. Punya kelebihan juga kekurangan masing-masing.

"Yang pasti dengan sudah ada kesepakatan voting tertutup, kita berupaya menambah dukungan lintas fraksi," ungkapnya dalam kegiatan Car Free Day di depan Hotel Le Meridien, Jakarta Pusat, Minggu (23/2/2020).

Selain voting tertutup, Tatib Wagub DKI juga menyepakati soal tanya jawab yang akan diajukan oleh tiap-tiap fraksi dewan kepada masing-masing kandidat sebagai pengganti fit and proper test dalam paripurna

Terkait hal ini, Pria yang akrab disapa Bang Ancah ini menyatakan kesiapannya. Bahkan dia mengaku siap apabila diminta untuk menjelaskan secara detail mengenai visi misi gubernur. "Siap (tanya jawab). Ditanyakan berbagai macam aspek juga boleh," imbuhnya.

Untuk diketahui, DPRD DKI Jakarta telah mengetuk palu Tata Tertib (Tatib) Pemilihan Wakil Gubernur DKI pada Rapat Paripurna Rabu (19/2/2020) lalu. Dalam Tatib tersebut, disepakati mekanisme pemilihan dilakukan melalui voting tertutup.