Diduga Salah Beri Obat, Pasien Malah Kejang dan Muntah

Danial
Diduga Salah Beri Obat, Pasien Malah Kejang dan Muntah
Ibu Kurniasih  (37) dari Achmad Zacky Affano  (11) tengah terbaring sakit

Jakarta, HanTer - Ibu Kurniasih  (37) adalah Ibu dari Achmad Zacky Affano  (11) yang menjadi tulang punggung keluarga, saat ini semenjak suaminya (Slamet Riyanto) meninggal dunia akibat kecelakaan pada 19 maret 2017 lalu, di RS Sari Asih Ciledug mengungkapkan kesulitan yang dialaminya kepada wartawan di Jakarta, Senin 10 Februari 2020.

"Berawal dari badannya Zacky merasa demam batuk dan flu karena perubahan cuaca, itu biasa saat ini terjadi pada anak dan akhirnya saya bawa berobat ke bidan kampung. Setelahnya diberi obat enam macam dalam bentuk sirup dan tablet," ujar Kurniasih.

Dijelaskannya, hari pertama (5/2/2020) setelah diberi obat dari bidan, namun masih belum reda batuk dan flunya, malah Zacky menjadi mual dan muntah. Ini diduga bidan salah memberi obat.

Hari kedua (6/2/2020), lanjut Kurniasih, setelah kembali minum obat Zacky mengalami kejang dan akhirnya dibawa ke Rumah Sakit Haji Jakarta dengan biaya umum, karena Zacky belum mempunyai BPJS Kesehatan.

"Selama berobat di Rumah Sakit Haji Jakarta dari tanggal 6-8 Februari 2020 dikenakan biaya Rp1.432.000. Sebagian dibantu oleh keluarga dan donatur, dan sebagian lagi meminjam ke temen sebesar Rp450.000," ujarnya.

Menurut Kurniasih, saat ini kondisi putranya itu sudah membaik dengan perawatan di Rumah Sakit Haji Jakarta dan diberi obat Naprex (untuk demam) dan Vometa (untuk mual muntahnya), serta disarankan untuk kontrol kembali ke Rumah Sakit Haji Jakarta pada tanggal 11 Februari 2020.

Kurniasih mengaku tidak memiliki penghasilan, karena modal yang buat berdagang sudah habis dan berdasarkan hasil assesment, bahwa tim medis merekomendasikan untuk biaya hidup dan pelunasan hutang piutang serta diberikan modal usaha.

Selanjutnya untuk pengurusan BPJS Kesehatan Zacky sementara diusahakan keluarga, namun apabila ingin membantu beban hidup Kurniasih bisa menghubunginya langsung ke nomor 089644544075, Alamat KTP: Jl Sejahtera Raya RT 03/03 Kelurahan Larangan Selatan, Kecamatan Larangan Kota Tangerang.