Akibat Arus Pendek Listrik; Rumah di Bambu Apus Terbakar

zamzam
Akibat Arus Pendek Listrik; Rumah di Bambu Apus Terbakar

Jakarta, HanTer - Satu unit rumah di Bambu Apus, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, ludes terbakar akibat arus pendek listrik, Minggu (9/2/2020) pagi.

"Api berasal dari salon yang sudah lama tidak ditempati," ujar Kepala Seksi Operasional Damkar Jakarta Timur, Gatot Sulaeman di Jakarta.

Rumah yang beralamat di Jalan Bambu Kuning RT 03/RW 02 Bambu Apus diketahui milik Yulianti (52) yang tinggal bersama sembilan anggota keluarganya.

Jarak tempat kejadian yang berdekatan dengan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Total membuat petugas harus bekerja ekstra mengantisipasi rembetan api.

"Ada 13 unit armada pompa yang dikerahkan. Kita juga melibatkan 42 personel untuk mengantisipasi rembetan api," ujarnya.

Sejak laporan kejadian diterima Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur pukul 08.55 WIB, kata Gatot, api berhasil dipadamkan pukul 09.52 WIB.

"Api membakar sekitar 150 meter persegi bangunan rumah dengan kerugian berkisar Rp200 juta," kata Gatot.

Tidak dilaporkan adanya korban luka maupun jiwa dalam kejadian tersebut.

Tempat Karaoke Hangus

Terpisah sebanyak 50 petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang membakar ruko tempat usaha kafe dan karaoke di Jalan Jatinegara Timur, Rawabunga, Kecamatan Jatinegara, Minggu (9/2/2020) pagi.

"Selain melibatkan 50 personel damkar, kita juga kerahkan sepuluh alat bantu berupa mesin pompa lima unit berikut lima alat pendukung," kata Kasi Operasional Damkar Jakarta Timur, Gatot Sulaeman di Jakarta.

Laporan kebakaran diterima pada pukul 05.20 WIB dari seorang warga yang mendatangi kantor Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) setempat.

Objek yang terbakar merupakan ruko empat lantai bernama Cafe Virgo atas nama pemilik Iwan.

"Luas yang terbakar sekitar 300 meter persegi di lantai satu dan dua ruang karaoke," katanya.

Seorang pegawai atas nama Irma (35) dilaporkan tewas akibat terjebak dalam ruang karaoke saat api menjalar.

"Warga sekitar melihat api berasal dari lantai dua ruang karaoke. Tiba-tiba muncul asap tebal tanpa diketahui penyebabnya," kata Gatot.

Kerugian atas kejadian itu diperkirakan berkisar Rp600 juta.

"Penyebabnya masih dalam penyelidikan polisi," katanya. 

#Rumah   #di   #Bambu   #Apus   #Terbakar