Hujan Lebat, Sejumlah Wilayah Jabotabek Banjir

Alee
Hujan Lebat, Sejumlah Wilayah Jabotabek Banjir
Banjar melanda sejumlah titik di Jakarta

Jakarta, HanTer-- Hujan lebat menguyur Jabotabek sejak Sabtu (8/2/2020) dini hari mengakibatkan banjir di sejumlah titik. Traffic Management Center Polda Metro Jaya lewat akun Twitternya, @TMCPoldaMetro, menginformasikan banjir telah melanda Kemang, Jakarta Selatan sejak 03.58 WIB. Ketinggian air di wilayah itu mencapai 30 centimeter.

Banjir juga terjadi di Jalan Plumpang, Semper, Jakarta Utara dengan ketinggian 20-30 centimeter.

Dalam penjelasannya, akun Twitter TMC Polda juga memperlihatkan suasa banjir lewat unggahan foto. Terlihat seorang pria melintasi banjir di tengah jalan raya di Plumpang.

Di Jakarta Timur, genangan air juga telah merendam rumah warga di Jalan Cililitan Kecil 1, RT 15 RW 07.

Banjir juga merendam Jalan Lumpang Semper, Jakarta Utara. Adapun ketinggian air di sana berada pada 20-30 cm.

Pantauan Twitter TMC Polda Metro Jaya melaporkan beberapa titik genangan dan banjir di antaranya Jalan Kampung Bandan, Jakarta Utara dengan ketinggian 15-20 sentimeter.

Tak hanya Jakarta, banjir juga sudah melanda wilayah Kampung Buaran Jaya, Kota Bekasi. Air terlihat sudah masuk ke dalam rumah warga.

Hingga pukul 03.00 WIB, Berdasarkan keterangan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta, Bendung Katulampa Bogor statusnya menjadi siaga 3 atau waspada.

Peringatan Dini

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di Jakarta, Sabtu, 8 Februari 2019 pukul 06.00 WIB, memperkirakan semua wilayah di DKI Jakarta diguyur hujan hingga malam hari.

“Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang dengan durasi singkat di wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur dan Jakarta Selatan pada siang dan sore hari,” demikian peringatan dini dari petugas prakiraan cuaca (forecaster) BMKG dikutip dari lamannya di Jakarta, Sabtu pagi.